GIGIH PRADANA (2013) ANALISISKINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL 3 LENGAN (STUDI KASUS JALAN PANGERAN DIPONEGORO - JALAN BUMIJO LOR KOTA YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Abstract.docx
Download (14kB)
Bab I.doc
Download (60kB)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Bab IV.doc
Restricted to Registered users only
Download (241kB)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only
Download (18kB)
Bab V.rtf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only
Download (17kB)
Abstract
Permasalahan simpang tak bersinyal umumnya diakibatkan oleh pertumbuhan wilayah dan penduduk yang ada di jalan minor. Semakin berkurangnya luas lahan diperkotaan mengakibatkan pembangunan pemukiman dan perkantoran mulai tumbuh di wilayah jalan yang awalnya dianggap sebagai jalan minor, sehingga jalan minor tersebut secara perlahan berubah fungsi menjadi akses utama lalulintas dari bangkitan perjalanannya. Kondisi yang telah disebutkan diatas merupakan cerminan dari kondisi simpang 3 lengan tak bersinyal di jalan Pangeran Diponegoro – Bumijo Lor, Kota Yogyakarta. Jalan Bumijo Lor merupakan jalan minor yang memiliki tata guna lahan pemukiman padat penduduk dan terdapat pula beberapa kantor pemerintahan. Tingginya pergerakan lalulintas kendaraan yang keluar maupun yang masuk dari simpang tersebut pada jam sibuk akan mengakibatkan konflik diverging, merging serta weaving yang sangat membahayakan dan dapat menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan. Tujuan penelitian ini adalah menghitung kapasitas simpang, menghitung derajat kejenuhan, menghitung tundaan, menghitung peluang antrian dan penilaian perilaku lalu lintas. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama 2 hari dengan jam pelaksanaan survai selama 12 jam. Penelitian ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 7 Januari 2012 dan Senin, tanggal 9 Januari 2012 dari jam 06.00-18.00 WIB. Analisis data dalam penelitian ini dihitung secara manual menggunakan program MS. Excel 2007 yang mengacu pada MKJI, 1997. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa hari Senin merupakan hari puncak di simpang kajian, hasil analisis penelitian ini adalah kapasitas terbesar 3293 smp/jam. Derajat kejenuhan sebesar 1,827, tundaan lalu lintas simpang (DT1) yaitu selama -8,96 detik/smp, tundaan lalu lintas jalan utama (DTMA) yaitu selama -8,66 detik/smp, tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI) yaitu selama -10,03 detik/smp, tundaan geometrik simpang (DG) yaitu selama 4 detik/smp, tundaan simpang (D) yaitu selama -4,96 detik/smp. peluang antrian batas bawah 149% dengan batas atas 348%. Penilaian perilaku lalu lintas menunjukkan bahwa nilai derajat kejenuhan yang tinggi secara langsung berdampak pada nilai dari tundaan di persimpangan, hal ini terjadi jika kendaraan terhenti karena terjadi antrian di persimpangan sampai kendaraan itu keluar dari persimpangan karena adanya pengaruh kapasitas persimpangan yang sudah tidak memadai, sehingga menyebabkan kendaraan saling mengunci dan pengendara saling bergerak mencari celah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SKRIPSI ANALISIS SIMPANG TAK BERSINYAL |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 02:55 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 02:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8676 |