NANDA FRENDIKA (2013) ANALISIS SIMPANG TAK BERSINYAL DI SIMPANG 3 KUSUMANEGARA DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.docx
Download (72kB)
Abstract.docx
Download (21kB)
Bab I.docx
Download (22kB)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only
Download (22kB)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Persimpangan menjadi bagian terpenting dari jalan perkotaan, sebab sebagian besar dari efisiensi, keamanan, kecepatan, dan tingkat pelayanan jalan tergantung dari perencanaan persimpangan. Setiap persimpangan mencakup pergerakan lalulintas menerus dan lalulintas yang saling memotong pada satu atau lebih dari ruas persimpangan. Inilah alasan utama terjadinya konflik dan dibutuhkannya pengendalian pergerakan lalulintas pada simpang. Permasalahan simpang tak bersinyal umumnya diakibatkan oleh pertumbuhan wilayah dan penduduk yang ada di jalan minor. Semakin berkurangnya luas lahan diperkotaan mengakibatkan pembangunan pemukiman dan perkantoran mulai tumbuh di wilayah jalan yang awalnya dianggap sebagai jalan minor, sehingga jalan minor tersebut secara perlahan berubah fungsi menjadi akses utama lalulintas dari bangkitan perjalanannya. Jika keadaan tersebut terus berlanjut maka akan menyebabkan berkurangnya kapasitas dari simpang tersebut dan juga mengakibatkan tingginya nilai dari derajat kejenuhan, tundaan, dan peluang antrian. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selam 3 hari dengan survai selama 12 jam untuk setiap harinya.Penelitian ini dilaksanakan pada Hari Sabtu,tanggal 1 November 2012,Minggu 2 November 2012,dan Senin 3 November 2012 antara jam 06.00-18.00.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan peratruan MKJI,1997. Hasil análisis penelitian ini adalah kapasitas terbesar untuk hari Sabtu sebesar 3.359 smp/jam,hari Minggu sebesar 2.952 smp/jam dan hari Senin sebesar 3.758 smp/jam. Derajat kejenuhan simpang tak bersinyal 3 lengan di Jl. Kusumanegara – Jl. Balai kota tertinggi untuk hari Sabtu terjadi pada jam 16.00-17.00 sebesar 1,151,hari Minggu terjadi pada jam 16.00-17.00 sebesar 0,992 dan hari Senin terjadi pada jam 16.00-17.00 sebesar 1,373. Tundaan lalu lintas simpang (DT1) tertinggi untuk hari Sabtu terjadi pada jam 16.00-17.00 sebesar 27,147 d/smp,untuk hari Minggu terjadi Pada jam 16.00-17.00 sebesar 14,666 dan hari Senin terjadi pada jam 16.00-.17.00 sebesar 29,650 d/smp. Tundaan lalu lintas jalan utama (DTMA) tertinggi untuk hari Sabtu terjadi pada jam 16.00-17.00 sebesar 16,955 d/smp, untuk hari Minggu terjadi ada jam 16.00-17.00 sebesar 10,298 dan hari Senin terjadi pada jam 16.00-17.00 sebesar 89,634 d/smp. Tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI) tertinggi untuk hari Sabtu terjadi pada jam 16.00-17.00 sebesar 82,772 d/smp ,untuk hari Minggu terjadi pada jam 16.00-17.00 sebesar 37,908 d/smp dan hari Senin terjadi pada jam 15.00-16.00 sebesar 51,393 d/smp. Tundaan geometrik simpang(DG) tertinggi untuk hari Sabtu 4,312,untuk hari Minggu 3,984 dan hari Senin sebesar 4,000 Tundaan simpang (D) tertinggi untuk hari hari Sabtu terjadi pada jam 16.00-17.00 sebesar 31,459 d/smp,untuk hari Minggu terjadi pada jam 16.00-17.00 sebesar 18,560 dan hari Senin terjadi pada jam 15.00-16.00 sebesar 34,011 d/smp. Peluang antrian untuk hari Sabtu terjadi pada jam 16.00-17.00, untuk dengan batas bawah 29% - batas atas 58%, untuk hari minggu terjadi pada jam 16.00-17.00 dengan batas atas 22% dan batas bawah 44% dan untuk hari Senin terjadi pada jam 16.00-17.00 dengan batas bawah 42% - batas atas 83%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SKRIPSI ANALISIS SIMPANG TAK BERSINYAL YOGYAKARTA |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:04 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8689 |