PENERAPAN METODE TASMUR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI HAFALAN SANTRI PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN DI PONDOK PESANTREN ASY-SYIFA' MUHAMMADIYAH BAMBANGLIPURO BANTUL

M. NOEH (2011) PENERAPAN METODE TASMUR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI HAFALAN SANTRI PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN DI PONDOK PESANTREN ASY-SYIFA' MUHAMMADIYAH BAMBANGLIPURO BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)

Abstract

Masalah penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya prestasi hafalan santri AsySyifa’ Muhammadiyah Bantul. Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan kualitas hafalan Al Qur’an. Sedangkan tujuan khusus adalah meningkatkan prestasi hafalan. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat langsung bagi pondok pesantren yaitu meningkatnya kualitas hafalan santri, disamping itu juga bermanfaat bagi guru dan santri. Dengan melakukan penelitian tindakan kelas maka guru memperoleh pengalaman dalam melakukan penelitian dan meningkatkan kualitas pembelajaran, sedangkan siswa memperoleh pelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklusnya meliputi perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah santri Asy-Syifa’ Muhammadiyah sebanyak 37 santri. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah menerapkan metode tasmur (talqin, muraja’ah, setoran) pada pelajaran tahfidzul qur’an. Instrumen penelitian menggunakan kartu prestasi, lembar observasi ustadz, dan catatan lapangan. Pelaksanaan penelitian melibatkan 2 orang ustadz tahfidz. Peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan dan seorang ustadz tahfidz lagi bertindak sebagai pengamat aktivitas ustadz dan santri. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan prestasi hafalan santri. Siklus I dengan rata-rata skor prestasi hafalan 65,33 siklus II dengan rata-rata skor prestasi hafalan 66.76. siklus III dengan rata-rata skor prestasi hafalan71,33. dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan penerapan metode tasmur dapat meningkatkan prestasi hafalan.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:15
Last Modified: 27 Jul 2022 02:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8725

Actions (login required)

View Item
View Item