Indira Maha Firmantie (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PT TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN & RATU BOKO MELALUI WEBSITE WWW.BOROBUDURPARK.COM TAHUN 2019 DALAM UPAYA MEMBANGUN CITRA CANDI BOROBUDUR SEBAGAI EMPAT DESTINASI SUPER PRIORITAS PARIWISATA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Bab I.pdf
Download (749kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (239kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (414kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran digital PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko merupakan sebuah upaya dalam membangun citra Candi Borobudur yang dinobatkan sebagai empat destinasi super prioritas pariwisata Indonesia pada tahun 2017. Komunikasi pemasaran digital yang kompleks mengundang berbagai upaya untuk melakukan strategi-strategi efektif agar masyarakat luas aware terhadap predikat Candi Borobudur sebagai destinasi super prioritas pariwisata Indonesia dan melakukan kunjungan ulang ke Candi Borobudur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan untuk membangun citra Candi Borobudur sebagai salah satu dari empat destinasi prioritas pariwisata Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui in-depth interview, studi literatur dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital melalui website borobudurpark.com merupakan bentuk dari perkembangan zaman yang kini beralih dari konvensional menuju digital, selain bertujuan untuk mendatangkan wisatawan pada setiap tahunnya, website digunakan sebagai sarana edukasi dan penyebarluasan informasi kepada pengunjung website. Strategi komunikasi pemasaran digital PT TWC pada tahun 2019 dilakukan dengan tahapan menganalisis situasi internal, situasi eksternal, menetapkan tujuan komunikasi pemasaran digital, menetapkan target audiens, menetapkan sumber pesan dan merancang konten, mengembangkan bauran komunikasi pemasaran digital serta melakukan monitoring dan evaluasi. Selain itu diterapkan bauran komunikasi pemasaran seperti advertising dengan video advertising, public relations dengan publikasi press release dan pembuatan company profile, personal selling, dan sales promotion dengan memberi potongan harga melalui website. Namun PT TWC belum menerapkan survey kepuasan pelanggan terhadap website borobudurpark.com yang dapat dijadikan acuan dalam melakukan monitoring dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:10 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/898 |