NUR WICAKSONO (2010) ANALISIS KECEPATAN, VOLUME DAN KEPADATAN ARUS LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE GREENBERG (STUDI KASUS RUAS JALAN WATES KM 5 KECAMATAN GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (68kB)
Bab I.pdf
Download (15kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (60kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (507kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecepatan, volume dan kepadatan lalu lintas di ruas jalan Wates km 5, yang selanjutnya dibuat hubungan antara kecepatan, volume dan kepadatan pada ruas jalan tersebut dengan metode Greenberg. Penelitian dilakukan dengan cara mengambil data primer yaitu berupa volume lalu lintas, geometrik jalan, dan kecepatan kendaraan pada ruas jalan tersebut. Pelaksanaan pengambilan data dilakukan pada hari Kamis tanggal 29 Oktober 2009 dengan asumsi mewakili lima hari kerja. Survai dimulai dari jam 06.30-12.30 WIB. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa : Kecepatan rata-rata maksimum pada ruas jalan Wates km 5 ke arah Timur adalah 37,84 km/jam dan kecepatan rata-ratanya adalah 33,25 km/jam, sedangkan ke arah Barat kecepatan rata-rata maksimumnya adalah 34,29 km/jam dan kecepatan rata-ratanya adalah 29,28 km/jam. Volume maksimum ke arah Timur sebesar 1548,55 smp/jam dan volume rata-ratanya sebesar 1111,01 smp/jam sedangkan ke arah Barat volume maksimumnya sebesar 1127,65 smp/jam dan volume rata-ratanya sebesar 1029,16 smp/jam. Kepadatan maksimum ke arah Timur sebesar 56,89 smp/km dan kepadatan rata-ratanya adalah 34,59 smp/km sedangkan untuk arah ke Barat kepadatan maksimumnya sebesar 40,16 smp/km dan kepadatan rata-ratanya adalah 35,31 smp/km. Kapasitas untuk ruas jalan ke arah Timur sebesar 2882,88 smp/jam, sedangkan untuk ke arah Barat sebesar 2652,25 smp/jam. Nilai DS ke arah Timur dan ke arah Barat relatif kecil yaitu 0,39, sehingga tergolong lancar melayani arus lalu lintas yang melewatinya. Dari analisis level of service didapat tingkat pelayanan B, dengan demikian secara keseluruhan kapasitas jalan masih mampu menampung volume lalu lintas pada ruas jalan tersebut. Berdasarkan analisisHasil dengan metode Greenberg terlihat adanya hubungan antara kecepatan, volume dan kepadatan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 06:14 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 06:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/9134 |