SHINTA (2011) PERSONAL SELLING ACCOUNT EXECUTIVE DALAM MENARIK CALON PENGIKLAN DI RADIO PRAMBORS 95,8 FM YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (129kB)
Bab I.pdf
Download (80kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (51kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
Abstract
Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah Pengiklanan melalui radio merupakan salah satu wujud dari komunikasi pemasaran. Demikian halnya di Radio Prambors 95,8 fm Yogyakarta yang menggunakan iklan radio sebagai salah satu sumber pendapatan radio. Tujuan dari program promosi iklan melalui radio adalah untuk menarik konsumen baru maupun konsumen lama. Iklan yang merupakan salah satu sumber pendapatan bagi radio Prambors memberikan kontribusi agar account executive harus mampu menarik calon pengiklan untuk mengiklankan produknya di radio. Dengan demikian diperlukan beberapa strategi untuk menarik calon pengiklan termasuk personal selling. Berdasarkan uraian diatas, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana personal selling account executive dalam menarik calon pengiklan di Radio Prambors 95,8 FM Yogyakarta.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 3 responden yang terdiri dari dua orang account executive dan satu orang promotion officer. Dalam melakukan analisis penelitian dilakukan dengan metode triangulasi dengan penggunaan berbagai metode untuk meneliti suatu hal.
Account executive merupakan orang yang memiliki pesona, senyum dan ramah mungkin kemampuan untuk melayani klien. Account executive memiliki filsafat kerja dan memiliki metode kerja yang dinamis dan yakin bahwa segala sesuatu yang dihasilkan oleh agencynya yang ditujukan untuk kliennya yang akan menghasilkan uang bagi perusahaan klien. Account executive melakukan dua pemasaran untuk menarik calon pengiklan yaitu dengan melakukan pemasaran internal dan pemasaran interaktif. Pemasaran tersebut dilakukan lebih efektif dan efisien dengan melakukan personal selling. bentuk yang dilakukan dalam menerapkan personal selling account executive untuk menarik calon pengiklan dan memmpertahankan iklan yaitu dengan mengadakan hubungan langsung dengan calon pengiklan seperti mengadakan pertemuan langsung baik di radio maupun ditempat-tempat yang telah disepekati ataupun melakukan kesepakatan melalui telefon dan Call made upon important customers by executive to effect sales. Kunjungan terhadap langganan-langganan penting yang dilakukan oleh eksekutif untuk menarik calon pengiklan. Kegiatan tersebut diperdalam dengan melakukan personal selling untuk menarik dan mempertahankan calon pengiklan.
Kata kunci : Personal Selling, Account Executive
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERSONAL SELLING, ACCOUNT EXECUTIVE |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 03:39 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 03:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/9149 |