Syifa Hafidhni Nurrahaf (2020) GAMBARAN STRES DAN KOPING PADA REMAJA BOARDING SCHOOL DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (561kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (57kB)
Bab I.pdf
Download (204kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (429kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (930kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (346kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang: Masalah kesehatan mental merupakan salah satu penyakit dengan angka kejadian tinggi yang dialami oleh remaja. Masalah tersebut dipengaruhi oleh harapan orang tua yang tinggi, aktivitas padat, hafalan, peraturan ketat serta tuntutan lain dipondok. Tindakan penyelesaian yang dilakukan berupa menghindar, bolos, tidur dikelas dan bermain sendiri, melanggar peraturan. Hal tersebut memberikan dampak negatif baik akademik, fisiologis, dan perilaku.
Tujuan Penelitian: penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi gambaran stres dan koping pada remaja boarding school di Yogyakarta.
Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan data dilakukan dengan focus group disscussion kepada 6 kelompok yang berjumlah 28 remaja perempuan dan laki-laki dengan rentang usia 13-19 tahun, dan wawancara mendalam kepada 3 orang guru dengan rentang usia 20-30 tahun. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode, peer debrifing, dan thick description. Analisa data menggunakan software open code 4.03.
Hasil: Hasil penelitian yang dilakukan pada remaja boarding school di Yogyakarta ditemukan 4 tema besar, antara lain stressor remaja, perubahan akibat stressor, kemampuan koping, dan tindakan sekolah mengatasi stres.
Kesimpulan: Masalah kesehatan mental pada remaja di boarding school dapat mempengaruhi perkembangan usia remaja baik secara psikologis maupun fisiologis. Pengembangan tindakan sekolah mengatasi masalah kesehatan mental remaja penting untuk dilakukan dengan meningkatkan komunikasi dengan remaja, dan orang tua. Selain itu, penting meningkatkan strategi koping remaja dalam mengatasi stres remaja di boarding school.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:59 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/963 |