PERSAINGAN CETAK MEDIA LOKAL DALAM MEMPEREBUTKAN IKLAN DI YOGYAKARTA

YANDI JAMALUDIN ILYAS (2009) PERSAINGAN CETAK MEDIA LOKAL DALAM MEMPEREBUTKAN IKLAN DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan yang terjadi antara surat kabar lokal di DI Yogyakarta antara surat kabar Koran Merapi dan surat kabar Harian Meteor pada periode 1 February 2008 – 31 April 2008 dalam memperoleh sumber penunjang (iklan).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat ketergantungan kedua surat kabar terhadap sumber penunjangnnya (iklan) dan seberapa ketat tingkat persaingan antara kedua surat kabar dalam memperoleh sumber penunjangnnya (iklan). Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi (Content Analysis) dan diaplikasikan dengan teori Niche, yaitu teori yang mengukur seberapa besar ketumpang tindihan sebuah populasi dalam memperoleh sumber penunjangnnya yaitu iklan. Penelitian ini didasarkan pada kategori jenis produk dan kategori jenis iklan. Tingkat persaingan antar surat kabar dapat diukur menggunakan Teori Niche,dengan dua konsepnya yaitu Niche Breadth (tingkat hubungan antara suatu populasi/mahluk hidup dengan sumber penunjangnya dalam satu komunitas).Mahluk hidup atau populasi disebut Spesialis, apabila hanya menggantungkan kehidupannya terhadap satu jenis sumber penunjang dan dikatakan Generalis, apabila menggantungkan kehidupannya pada beragam jenis sumber penunjang kehidupan. Konsep keduanya yaitu Niche Overlap (menunjukan derajat kompetisi antara dua populasi/mahluk hidup dalam memperebutkan sumber penunjang kehidupan). Dari hasil penelitian dan perhitungan menggunakan rumus Levins I, ditarik kesimpulan untuk surat kabar Koran Merapi memiliki sifat Spesialis terhadap kategori iklan produk yaitu Klinik, dan Cenderung Generalis terhadap kategori jenis iklan Dislay, iklan kolom, dan iklan Public Notice. Sedangkan surat kabar Harian Meteor juga memiliki sifat Spesialis terhadap kategori produk Klinik,dan Cenderung Generalis terhadap kategori jenis iklan Display, iklan kolom, dan iklan baris. Untuk tingkat persaingannya antara surat kabar Koran Merapi dan surat kabar Harian Meteor sangat ketat pada kategori jenis produk Kosmetik dan Lowongan. Sedangkan untuk kategori jenis iklan terjadi pada jeni iklan Display dan iklan baris dan berlangsung sangat ketat.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:51
Last Modified: 21 Jul 2022 06:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/9982

Actions (login required)

View Item
View Item