EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT! PADA PERKULIAHAN TUNGGAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PERKULIAHAN PSPD FKIK UMY

Syarif Miftahudin (2020) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT! PADA PERKULIAHAN TUNGGAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PERKULIAHAN PSPD FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Upaya peningkatan mutu perkuliahan dengan penerapan teknologi semakin dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan kelas berskala besar, salah satunya adalah penerapan Kahoot!.
Tujuan : Untuk mengetahui peningkatan mutu perkuliahan PSPD FKIK UMY setelah penerapan aplikasi kuis Kahoot!.
Metode : Penelitian quasi experimental pre-post test tanpa control dengan total sampling. Metode analisa data menggunakan uji t berpasangan dilanjutkan dengan uji t tidak berpasangan.
Hasil : Hasil uji t berpasangan menunjukkan peningkatan sebesar 7.4% (p=0.001), 7% (p=0.005), 7.2% (p=0.003) dan 6.97% (p=0.085) pada aspek mutu materi kuliah, metode penyampaian, komunikasi & interaksi, dan jadwal kuliah & fasilitas, secara berurutan. Hasil uji t tidak berpasangan menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan mutu antara kelompok ilmu biomedik dengan klinik namun secara tidak signifikan (p>0.05).
Kesimpulan : Terdapat peningkatan ke-empat aspek mutu perkuliahan secara signifikan setelah penerapan aplikasi Kahoot!. Peningkatan mutu pada kelompok ilmu biomedik lebih baik daripada ilmu klinik.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:18
Last Modified: 27 Oct 2021 06:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item
View Item