Syarif Miftahudin (2020) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT! PADA PERKULIAHAN TUNGGAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PERKULIAHAN PSPD FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (688kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Upaya peningkatan mutu perkuliahan dengan penerapan teknologi semakin dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan kelas berskala besar, salah satunya adalah penerapan Kahoot!.
Tujuan : Untuk mengetahui peningkatan mutu perkuliahan PSPD FKIK UMY setelah penerapan aplikasi kuis Kahoot!.
Metode : Penelitian quasi experimental pre-post test tanpa control dengan total sampling. Metode analisa data menggunakan uji t berpasangan dilanjutkan dengan uji t tidak berpasangan.
Hasil : Hasil uji t berpasangan menunjukkan peningkatan sebesar 7.4% (p=0.001), 7% (p=0.005), 7.2% (p=0.003) dan 6.97% (p=0.085) pada aspek mutu materi kuliah, metode penyampaian, komunikasi & interaksi, dan jadwal kuliah & fasilitas, secara berurutan. Hasil uji t tidak berpasangan menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan mutu antara kelompok ilmu biomedik dengan klinik namun secara tidak signifikan (p>0.05).
Kesimpulan : Terdapat peningkatan ke-empat aspek mutu perkuliahan secara signifikan setelah penerapan aplikasi Kahoot!. Peningkatan mutu pada kelompok ilmu biomedik lebih baik daripada ilmu klinik.
Dosen Pembimbing: | dr. Galuh Suryandari, M.Med.Ed. | NIDN0503068301 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:18 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |