Syarif Miftahudin (2020) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT! PADA PERKULIAHAN TUNGGAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PERKULIAHAN PSPD FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Upaya peningkatan mutu perkuliahan dengan penerapan teknologi semakin dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan kelas berskala besar, salah satunya adalah penerapan Kahoot!.
Tujuan : Untuk mengetahui peningkatan mutu perkuliahan PSPD FKIK UMY setelah penerapan aplikasi kuis Kahoot!.
Metode : Penelitian quasi experimental pre-post test tanpa control dengan total sampling. Metode analisa data menggunakan uji t berpasangan dilanjutkan dengan uji t tidak berpasangan.
Hasil : Hasil uji t berpasangan menunjukkan peningkatan sebesar 7.4% (p=0.001), 7% (p=0.005), 7.2% (p=0.003) dan 6.97% (p=0.085) pada aspek mutu materi kuliah, metode penyampaian, komunikasi & interaksi, dan jadwal kuliah & fasilitas, secara berurutan. Hasil uji t tidak berpasangan menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan mutu antara kelompok ilmu biomedik dengan klinik namun secara tidak signifikan (p>0.05).
Kesimpulan : Terdapat peningkatan ke-empat aspek mutu perkuliahan secara signifikan setelah penerapan aplikasi Kahoot!. Peningkatan mutu pada kelompok ilmu biomedik lebih baik daripada ilmu klinik.

Dosen Pembimbing: dr. Galuh Suryandari, M.Med.Ed. | NIDN0503068301
Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:18
Last Modified: 27 Oct 2021 06:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item View Item