FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI IBU HAMIL DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS KASIHAN I BANTUL YOGYAKARTA

TITIEK SURYATI P. (2008) FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI IBU HAMIL DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS KASIHAN I BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)

Abstract

Laporan data dari Departemen Kesehatan didapatkan penurunan pemberian ASI eksklusif dari 42,4% pada tahun 1997 menjadi 39,5% pada tahun 2002. ASI eksklusif adalah pemberian ASI sampai usia 6 bulan tanpa tambahan suplemen makanan pada bayi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi motivasi ibu hamil dalam pemberian ASI eksklusif. Identifikasi faktornya, antara lain tingkat pendidikan ibu, pekerjaan, pendapatan keluarga, usia, dan jumlah anak. Metode penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil di wilayah Puskesmas Kasihan I Bantul. Sampelnya adalah ibu yang datang untuk memeriksakan kehamilannya di Puskesmas tersebut. Pengambilan sample dilakukan dengan Accidental Sampling. Data dianalisa dengan bivariat untuk menggolongkan perbedaan dan hubungan antara ASI eksklusif sebagai variabel dependen dengan beberapa variabel independen, dan selanjutnya diidentifikasi dengan menggunakan Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95% untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi motivasi ibu hamil dalam pemberian ASI eksklusif. Hasil dari uji statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan ibu, pekerjaan, pendapatan keluarga, usia, dan jumlah anak dengan motivasi ibu hamil dalam pemberian ASI Eksklusif (>0,05). Saran dari penelitian ini adalah perlu diadakan kelompok pendukung ASI yang dapat memberikan motivasi para ibu hamil untuk memberikan ASI eksklusif.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2022 03:55
Last Modified: 16 Jul 2022 03:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/10417

Actions (login required)

View Item
View Item