Lis Yulianti Syafrida Siregar (2020) Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Full Day School (Studi Kasus di SDIT Insan Utama Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (249kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Bab I.pdf
Download (237kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (582kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (412kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (449kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM FULL DAY SCHOOL (STUDI KASUS DI
SDIT INSAN UTAMA YOGYAKARTA)
Abstrak
Pendidikan adalah sarana efektif bagi pembentukan karakter. Namun faktanya, kekerasan, tawuran, pornografi, tindakan amoral, pergaulan bebas, narkoba telah menjadi fenomena rendahnya karakter. Sehubungan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk menggali, mengkaji, dan mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter melalui program full day school.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penguatan pendidikan karakter melalui program full day school dilakukan dengan tiga pendekatan, yaitu pendekatan berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat. Karakteristik penguatan pendidikan karakter melalui program full day school menerapkan konsep integrated curriculum dan integrated activity. Dampak psikologis bagi siswa peserta full day school selama ini baik dikarenakan pelaksanaan pembelajaran memperhatikan aspek psikologis anak dengan dunia bermainnya. Penguatan pendidikan karakter melalui program full day school dapat dilakukan dengan menciptakan positive schooling. Berdasarkan temuan hasil penelitian disimpulkan bahwa penguatan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui program full day school .
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:25 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 06:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1046 |