NOERMALASARI (2008) PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP INDEKS PRESTASI ANAK USIA SEKOLAH KELAS 4 DAN 5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI I NGEBEL TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (334kB)
Bab I.pdf
Download (27kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (25kB)
Abstract
Indeks prestasi adalah hasil yang dicapai oleh seseorang dari usaha belajar yang telah dilakukan dalam periode tertentu. Peningkatan indeks prestasi pada anak usia sekolah dapat dibantu dengan meningkatkan kemampuan otak dalam menerima rangsangan dari luar. Upaya peningkatan kualitas otak diperlukan untuk mencapai optimalisasi fungsi otak. Stimulus yang dapat menyeimbangkan antara fungsi otak bagian kiri dan kanan dibutuhkan untuk mencapai kualitas otak dan membantu meningkatkan indeks prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap indeks prestasi anak usia sekolah kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar Negeri Ngebel 1 Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Quasy Experimental dengan rancangan penelitian Control group pre-test –posttest. Variabel pada penelitian ini adalah senam otak sebagai variabel bebas dan indeks prestasi sebagai variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia sekolah kelas 4 dan 5 di SDN Ngebel 1 Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive sampling dan didapat 32 orang responden. Analisa data yang digunakan adalah Paired sample t-test dan Independent sample t-test. Hasil penelitian ini didapatkan peningkatan nilai mean pada kelompok eksperimen sebesar 2,78 point dengan nilai p=0,000 pada level p<0,05 yang berarti terjadi peningkatan indeks prestasi secara signifikan. Kelompok kontrol mengalami peningkatan nilai mean sebesar 1,37 point dengan nilai p=0,033 pada level p<0,05 yang berari terjadi peningkatan indeks prestasi secara signifikan. Perbandingan dua kelompok berdasarkan nilai mean post-test didapatkan P value = 0,354 pada nilai p<0,05 yang berarti tidak ada perbedaan peningkatan indeks prestasi pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tidak ada pengaruh senam otak terhadap indeks prestasi anak usia sekolah kelas 4 dan 5 di SDN Ngebel 1 Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:01 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:01 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/10627 |