LUTFI WIJAYA PUTRI (2008) ANALISIS ISI ADEGAN KEKERASAN DALAM FILM THE SIMPSONS : MOVIE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (124kB)
Bab I.pdf
Download (90kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (582kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Abstract
Studi ini berusaha menganalisis tentang adegan-adegan kekerasan yang tersaji dalam film animasi The Simpsons : Movie. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenisjenis kekerasan apa saja yang terdapat dalam film The Simpsons : Movie dan apakah jenis kekerasan yang dominan tervisualisasi dalam film animasi The Simpsons : Movie. Kerangka teori dalam penelitian ini melihat komunikasi sebagai proses transmisi pesan dalam paradigma positivistik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kekerasan dalam bentuk non verbal dalam film The Simpsons : Movie tervisualisasi sebanyak 63,2 % dan adegan kekerasan dalam bentuk verbal sebanyak 36,8 %. Jenis-jenis adegan kekerasan dalam bentuk non verbal tersebut antara lain adalah berupa adegan pemukulan, penusukkan, penembakan, pembunuhan, pencekikkan, peledakan, penganiayaan, pelemparan benda-benda kearah organ tubuh dan penganiayaan. Sedangkan jenis adegan dalam bentuk verbal adalah berupa adegan penertawaan dengan tujuan melecehkan, pengancaman, pengusiran, penodongan, penggunaan kata bermakna merendahkan, dan pelecehan kata-kata terhadap orang tua. Dari hasil analisis secara keseluruhan, adegan kekerasan yang dominan yang tersaji dalam film The Simpsons : Movie adalah adegan kekerasan dengan bentuk non verbal berjenis adegan pemukulan yang tersaji sebanyak 18,8 %.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:01 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:01 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/10630 |