PERAN DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN DALAM MELAKUKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TA 2006-2007

SEPTIAN AGUNG RAHMANA (2009) PERAN DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN DALAM MELAKUKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TA 2006-2007. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura adalah lembaga instansi pemerintah yang mempunyai wewenang untuk menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan hasil perkebunan tanaman pangan dan holtikultura di tingkatan daerah yang perlu dikembangkan lebih lanjut untuk berperan secara aktif dalam hasil kebun dan pengembangan sumber daya masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan. Berdasarkan latar belakang di atas penulis mengambil judul tentang “PERAN DINAS TANAMAN PANGAN DAN HOLTIKULTURA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN DALAM MELAKUKAN PEMBERDAYAAN MASYRAKAT” Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana peran Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Dalam Melakukan Pemberdayaan Masyarakat?. Untuk dapat menjelaskan dan menggambarkan secara obyektif perumusan masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian diskriptif dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisa kualitatif. Hasil penelitian peran Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Dalam Melakukan Pemberdayaan Masyarakat ini dibuktikan mulai dari ; Tugas pokok Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Dalam Melakukan Pemberdayaan Masyarakat, dan menjalankan proram dan kebijakannya yang antara lain meliputi Program Pembinaan Pasca Panen , Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Program Bantuan Pinjaman Modal, Kegiatan Pengembangan Agribisnis Pasca Panen Padi dan Jagung di Desa Miskin, dan Program Pemberian Dana Penguatan Modal Bagi Lembaga Usaha Ekonomi Pedesaan (DPM-LUEP) dimana kesemua program mengalami kemajuan setelah diadakannya kegiatan progran dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Lampung Selatan dalam melaksanakan peranannya berjalan baik yaitu dengan terselenggaranya kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan hasil pertanian tanaman pangan dan holtikultura dan pemberdayaan masyarakat secara maksimal, dengan adanya kerjasama dengan instansi terkait dan masyarakat dalam hal ini petani tanaman pangan dan holtikultura Kabupaten Lampung Selatan, di bidang tanaman pangan dan hortikultura mempunyai beberapa permasalahan. Masalah-masalah yang dihadapi meliputi berbagai faktor, baik faktor teknis maupaun non teknis. Ada berbagai kendala yang dihadapi seperti faktor manajerial, skill, permodalan dan iklim/cuaca. Selain itu Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura perlu memaksimalkan pengawasan-pengawasan, pengamanan dan peningkatan hasil pertanian tanaman pangan dan hotikultura Kabupaten Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:59
Last Modified: 13 Jul 2022 03:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/10789

Actions (login required)

View Item
View Item