REPRESENTASI CITRA HERO DALAM IKLAN M-150 (ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI CITRA HERO DALAM IKLAN M-150 VERSI HERO)

MAWAR HENDI GUNTORO (2011) REPRESENTASI CITRA HERO DALAM IKLAN M-150 (ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI CITRA HERO DALAM IKLAN M-150 VERSI HERO). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)

Abstract

Skripsi ini berusaha untuk mengidentifikasi representasi hero yang ditunjukkan dalam iklan suplemen yaitu M-150. Hero memiliki pengertian seseorang yang dengan sukarela dan sadar mengambil resiko terhadap hidupnya sendiri untuk menyelamatkan orang lain. Dalam iklan tersebut terdapat beberapa penanda dan petanda yang dapat mengidentifikasikan iklan tersebut sebagai representasi dari hero. Antara lain, yaitu representasi laki-laki sebagai hero, representasi kasih sayang yang ditunjukkan oleh seorang hero, representasi pakaian yang dikenakan serta representasi lagu sebagai backsound dari iklan tersebut. Teori yang digunakan sebagai frame berpikir dalam penelitian ini adalah komunikasi sebagai proses produksi makna, pengertian iklan, representasi, citra dalam iklan dan teori tentang hero itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik analisa data melalui analisis semiotika Roland Barthes dengan mengacu pada signifikasi dua tahap, yakni primary signification dan secondary signification. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data, dilakukan dengan mengambil data primer berupa dokumentasi iklan M-150 versi Hero dan data sekunder melalui studi pustaka. Dalam penelitian ini mencoba meneliti tanda-tanda yang ada dalam objek penelitian, kemudian dianalisa sehingga menghasilkan tanda-tanda maupun simbol dari iklan M-150 tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa citra hero direpresentasikan dalam beberapa tanda antara laki-laki yang digambarkan dalam iklan seperti bertubuh atletis, macho dan sikap yang ditunjukkan oleh laki-laki tersebut yang rela berkorban demi orang terkasih dan sekuat tenaga mencoba membahagiakan orang terkasih dengan memberikan surprise. Iklan tersebut juga mempunyai pesan moral yang terkandung didalamnya tentang arti sebuah kasih sayang. Kasih sayang yang ditunjukkan laki-laki tersebut dengan berbagai simbol antara lain bunga mawar putih yang diidentikkan dengan kasih sayang. Selain itu berbagai atribut yang dikenakan oleh laki-laki tersebut seperti pakaian yang dikenakan juga turut andil membentuk citra laki-laki tersebut yang maskulin namun memiliki jiwa penyayang. Selain itu, backsound dari iklan tersebut juga menguatkan peneliti dalam merepresentasikan citra hero dalam iklan M-150.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IKLAN
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:59
Last Modified: 12 Jul 2022 07:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/10967

Actions (login required)

View Item
View Item