FITRI VERDIANA (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (105kB)
Bab I.pdf
Download (23kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (24kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (25kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing pada penawaran umum perdana di Bursa Efek Indonesia. Variabel bebas yang digunakan yaitu besaran perusahaan, rate of return on investment, financial leverage, earning per share, proceeds, current ratio, umur perusahaan, reputasi auditor, reputasi underwriter, dan jenis industri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 39 perusahaan yang melakukan penawaran perdana dari tahun 2002 sampai 2007. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sedangkan metode analisis data yang digunakan menggunakan model regresi linier berganda. Hasil analisis regresi untuk faktor- faktor yang mempengaruhi underpricing pada penawaran umum perdana menunjukkan bahwa besaran perusahaan (SIZE), rate of return on investment (ROI), financial leverage, earning per share (EPS), current ratio, umur perusahaan (AGE), dan jenis industri berpengaruh signifikan terhadap underpricing. Sedangkan proceeds, reputasi auditor, dan reputasi underwriter tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 05:56 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 05:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/11069 |