OBJEKTIVITAS MEDIA DALAM PEMBERITAAN KAMPANYE CALON PRESIDEN DAN CALON WAKIL PRESIDEN PADA PEMILU 2009 DI SKH KOMPAS DAN SKH KEDAULATAN RAKYAT

AHMAD RIFAI (2010) OBJEKTIVITAS MEDIA DALAM PEMBERITAAN KAMPANYE CALON PRESIDEN DAN CALON WAKIL PRESIDEN PADA PEMILU 2009 DI SKH KOMPAS DAN SKH KEDAULATAN RAKYAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Studi ini berusaha mengungkap objektivitas pemberitaan kampanye capres dan cawapres pemilu 2009 di SKH Kompas dan SKH Kedauatan Rakyat Edisi Juni-Juli 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana objektivitas pemberitaan kampanye dalam SKH Kompas dan SKH Kedaulatan Rakyat. Kerangka teori dalam penelitian ini melihat objektivitas media massa SKH Kompas dan SKH Kedaulatan Rakyat dalam pemberitaan berita kampanye capres dan cawapres pemilu 2009 yang dituangkan kedalam berita kampanye. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi yaitu dengan menggunakan pendekatan Danis McQuail yang menggunakan elemen objektivitas. McQuail membagi elemen objektivitas kedalam 7 unsur yakni factuality, accurative, relevance selection, neutrality non-evaluative, neutrality non sensational, equali proporsional, dan even handed evaluation. Hasil dari penelitian tersebut adalah bahwa pemberitaan kampanye capres dan cawapres pemilu 2009 dalam SKH Kompas dan SKH Kedaulatan Rakyat adalah objektif. hal ini dikarena kan hasil uji reabilitas yang dilakukan menunjukkan persentase di atas angka minimal 70%. SKH Kompas mewakili media nasional pada pemberitaan kampanye capres dan cawapres pemilu 2009 objektif karena nilai objektivitasnya adalah di atas 70%, begitu pula dengan SKH Kedaulatan Rakyat sebagai media lokal Yogyakarta dalam pemberitaan kampanye capres dan cawapres pemilu 2009 juga objektif karena nilai objektivitasnya juga di atas 70%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: OBJEKTIVITAS MEDIA SKH KOMPAS SKH KEDAULATAN RAKYAT FIRLY ANNISA, SIP
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:17
Last Modified: 08 Jul 2022 06:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/11479

Actions (login required)

View Item
View Item