PENGARUH KONFLIK PERAN, KETIDAKJELASAN PERAN BUDAYA ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA AUDITOR

ARIEF BUDHIMAN (2010) PENGARUH KONFLIK PERAN, KETIDAKJELASAN PERAN BUDAYA ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA AUDITOR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konflik peran, ketidakjelasan peran, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi secara simultan terhadap kinerja auditor. Untuk mengetahui pengaruh konflik peran, ketidakjelasan peran, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi secara parsial terhadap kinerja auditor Populasinya penelitian ini adalah para Akuntan Publik di Kota Yogyakarta dan Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling yaitu sampel yang diambil dengan kreteria tertentu. Dalam penelitian ini kriteria yang digunakan sebagai sampel adalah para akuntan publik yang bertugas mengaudit perusahaan. Sampel yang diambil adalah akuntan yang bekerja di KAP di wilayah Kota Yogyakarta dan kota Semarang secara individual sebagai unit yang dinalisis. Teknik pengumpulan data menggunkan kuesioner. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda dengan taraf signifikan 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik peran mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,002 tetapi negatif, maka hal ini berarti variabel bebas konflik peran berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap kinerja auditor. Ketidakjelasan peran mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,008 tetapi negatif, maka hal ini berarti variabel bebas ketidakjelasan peran berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap kinerja auditor. Budaya organsiasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Auditor. Hal ini menunjukkan bahwa apabila budaya organisasi semakin kondusif, maka akan mampu meningkatkan kinerja auditor. Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Auditor. Hal ini menunjukkan bahwa apabila gaya kepemimpinan semakin baik, maka akan mampu meningkatkan kinerja auditor. Konflik peran, ketidakjelasan peran, budaya organisasi, dan gaya kepemimpinan secara serentak dan signifikan mempengaruhi kinerja auditor yang ditunjukkan oleh signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas kesalahan yaitu 0,05. Pengaruh variabel konflik peran, ketidakjelasan peran, budaya organisasi, dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja auditor sebesar 50,8% sedangkan sisanya sebesar 49.2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model penelitian.

Kata Kunci :Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Auditor

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KONFLIK PERAN, KETIDAKJELASAN PERAN, BUDAYA ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN, KINERJA AUDITOR
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:50
Last Modified: 08 Jul 2022 02:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/11516

Actions (login required)

View Item
View Item