PELAKSANAAN PROGRAM WMM 2009 DI YOGYAKARTA SEBAGAI SALAH SATU BENTUK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BANK X

YORI GUSTADI WIRAWAN (2010) PELAKSANAAN PROGRAM WMM 2009 DI YOGYAKARTA SEBAGAI SALAH SATU BENTUK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BANK X. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis Program WMM 2009 di Yogyakarta sebagai salah satu bentuk Corporate Social Responsibility Bank X. Skripsi ini membahas tentang bagaimana pelaksanaan program WMM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi untuk menekan angka pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja, terutama pada generasi muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan program Wirausaha Muda Mandiri 2009 di Yogyakarta sebagai salah satu bentuk CSR Bank X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif.

Adapun langkah-langkah analisis data yang dilakukan pada peneltian ini meliputi: pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara dan dokumentasi, kemudian dilanjutkan dengan mereduksi data, kemudian penyajian data dan analisis, dan diakhiri dengan kesimpulan dan saran. Pelaksanaan CSR ini terdiri dari beberapa tahap yaitu: penetapan tujuan, mendefinisikan masalah, identifikasi sasaran program, implementasi program, evaluasi dan pelaporan. Dalam tahap implementasi, konsep yang dilakukan Bank X adalah sistemasi pola berusaha, pembinaan manajemen berusaha, mempermudah akses biaya, dan membangun sistem yang berkesinambungan.

Pelaksanaan Wirausaha Muda Mandiri dilakukan oleh Corporate Secretary bekerja sama dengan divisi PKBL. Tugas yang dilakukan oleh Corporate Secretary adalah merencanakan, mengkonsep, mengkomunikasikan, mengevaluasi serta melaporkan kegiatan ke pihak manajemen. Sedangkan divisi PKBL bertugas melaksanakan program dilapangan dan menyalurkan dana program serta membuat laporan untuk Corporate Secretary. Walaupun promosi telah dilakukan oleh Bank X, baik melalui media cetak dan elektronik, namun dari hasil penelitian pada tahap evaluasi memperlihatkan bahwa program Wirausaha Muda Mandiri belum mencapai target maksimal.

Kata kunci: WMM, Corporate Social Responsibility

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:48
Last Modified: 08 Jul 2022 02:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/11520

Actions (login required)

View Item
View Item