MANAJEMEN STRATEGI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENGEMBANGKAN PASAR RAKYAT

Wahyu Agung Ariwibowo (2020) MANAJEMEN STRATEGI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENGEMBANGKAN PASAR RAKYAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pasar rakyat merupakan salah satu elemen penting dalam menggerakkan perekonomian daerah di Kabupaten Kebumen. Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang diberikan wewenang dalam mengelola pasar rakyat dituntut untuk lebih inovatif dalam mengembangkan pasar rakyat yang lebih modern mengikuti perkembangan zaman yang terjadi sehingga pasar rakayat mampu terlindungi dari serbuan pasar modern.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam mengelola dan mengembangkan pasar rakyat yang ada di Kabupaten Kebumen dan analisis SWOT terhadap pasar rakyat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari bagian sarana perdagangan dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten kebumen serta. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen strategi yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kebumen belum berjalan dengan baik sesuai dengan konsep manajemen strategi yang meliputi tahap formulasi strategi, implemetasi strategi, dan evaluasi strategi. Analisis SWOT yang diperoleh adalah sebagai berikut: Strategi SO yang dihasilkan yaitu memperbaiki manajemen pengelolaan pasar rakyat. Strategi ST yang dihasilkan yaitu meningkatkan pelayanan terhadap respon dari keluhan pedagang dan promosi produk lokal untuk meningkatkan pengunjung pasar. Strategi WO yang dihasilkan yaitu menongkatkan pelayanan pasar, infrastruktur pendukung, kebersihan, keamanan dan ketertiban pasar serta kerjasama dengan investor guna mendukung pasar. Strategi WT yang dihasilkan yaitu membuat kebijakan yang melindungi pasar rakyat dari serbuan pasar modern. Strategi yang dipakai adalah dengan menggunakan strategi meningkatkan pelayanan pasar, strategi peningkatan PAD, dan strategi merevitalisasi pasar. Regulasi yang dipakai ialah perda nomor 1 tahun 2018 tentang pengeloaan pasar rakyat.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:48
Last Modified: 28 Oct 2021 03:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item
View Item