ANALISIS POSITIONING PRODUK HANDPHONE MEREK SONY ERICSSON BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN

SIGIT WIJAYANTO (2010) ANALISIS POSITIONING PRODUK HANDPHONE MEREK SONY ERICSSON BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)

Abstract

Handphone sekarang ini bukan merupakan barang mewah lagi, tetapi menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki oleh kalangan pelajar, mahasiswa dan praktisi. Persaingan antar handphone menjadi sangat ketat karena semua handphone mengeluarkan varian yang mempunyai berbagai atribut seperti harga, kualitas, fasilitas serta desain produk yang hampir sama dengan harga yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah posisioning masing-masing handphone menurut persepsi konsumen. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna serta potensial konsumen handphone sebanyak 100 orang. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data diperoleh melalui data primer dengan cara mengajukan pertanyaan secara tertulis kepada responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis faktor, analisis kluster, dan analisis MDS (Multi Dimensional Scaling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa handphone Sony Ericsson berdasarkan persepsi konsumen dan potensial konsumen pada gambar perceptual map, terletak di posisi kuadran II (-1,5163, 0,2443), yang artinya dimensi 1 atau dimensi citra dipersepsikan negatif atau jelek dan dimensi 2 atau dimensi harga dipersepsikan positif atau baik. Sedangkan handphone merek Nokia terletak pada kuadran III (0,3917, 1,3552) yang berarti dimensi 1 atau dimensi citra dipersepsikan positif atau baik dan dimensi 2 atau dimensi harga dipersepsikan positif atau baik. Serta untuk handphone merek Samsung terletak pada kuadran IV (1,2622, -0,1832) dimensi 1 atau dimensi citra dipersepsikan positif atau baik dan dimensi 2 atau dimensi harga dipersepsikan negatif atau jelek.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:47
Last Modified: 27 Jun 2022 08:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/11872

Actions (login required)

View Item
View Item