HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (AKHLAK) DAN PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK N 3 WONOSARI

SUSFAN AGUNG HIDAYATULLAH (2013) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (AKHLAK) DAN PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK N 3 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang dilakukan kepada peserta didik SMK N 3 Wonosari kelas XI dengan sampel 150 responden peserta didik yang ditentukan secara random tanpa pandang bulu. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, wawancara dan observasi untuk mengungkap pemahaman pendidikan agama Islam (akhlak) dan pembentukan akhlak peserta didik. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif menggunakan rumus product moment. Hasil analisis data mengungkapkan bahwa tingkat pemahaman peserta didik adalah sangat baik. Sedangkan pembentukan akhlak peserta didik juga dalam kategori sangat balk. Dari hipotesis menyatakan bahwa ada hubungan antara tingkat pemahaman pendidikan agama Islam (akhlak) dan pembentukan akhlak peserta didik. Dapat apat dilihat dari data perhitungan menggunakan rumus product moment dengan hasil r yang diperoleh dalam perhitungan yaitu r,0, = 0,681 adalah lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% (0,159) dan lebih besar dari taraf signifikan 1% (0,210) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara tingkat pemahaman pendidikan agama Islam (akhlak) dan pembentukan akhlak peserta didik kelas XI di SMK N 3 Wonosari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: understanding, moral formation, and Islamic religious education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:38
Last Modified: 08 May 2024 01:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12042

Actions (login required)

View Item
View Item