PERBEDAAN TUMBUH KEMBANG ANAK YANG MENGKONSUMSI MP-ASI SEBELUM DAN SESUDAH ENAM BULAN DI DESA DURUNGAN KECAMATAN WATES KULON PROGO

HEKI YUANTINI (2013) PERBEDAAN TUMBUH KEMBANG ANAK YANG MENGKONSUMSI MP-ASI SEBELUM DAN SESUDAH ENAM BULAN DI DESA DURUNGAN KECAMATAN WATES KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)

Abstract

Survei rumah tangga (2005) menyebutkan bahwa kurang lebih 40% bayi kurang dari 2 bulan diberi MPASI. Pemberian MPASI sebelum bayi berusia 6 bulan menyebabkan kegemukan pada bayi (Wilda,2006). Anak yang tidak mendapatkan ASI eksklusif cenderung beresiko terkena depresi dan terjadi masalah emosional (Sitopeng, 2008). Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan tumbuh kembang bayi yang diberikan ASI eksklusif dengan bayi yang diberikan MPASI di Desa Durungan Kecamatan Wates Kabupaten KulonProgo. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif yang bersifat korelasi. Populasi penelitian ini adalah ibu-ibu yang mempunyai anak berusia lebih dari 6 bulan-2tahun berjumlah 54 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah 30 orang. Hasil uji validitas menunjukan bahwa 18 item dinyatakan valid dan 2 item dinyatakan gugur sehingga dihilangkan. Hasil reabilitas menunjukan nilai alpha sebesar 0,840 sehingga dinyatakan reliable. Tingkat pertumbuhan berat badan anak diukur menggunakan KMS dan tingkat perkembangan anak menggunakan lembar DDST II. Analisis data perkembangan menggunakan uji uji chi square dan uji kolmogrov- sminov untuk menguji data pertumbuhan dalam bentuk tabel dan narasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden bayi yang mengkonsumsi MPASI sesudah 6 bulan mengalami pertumbuhan baik sebanyak 11 bayi(73,3%), mengalami pertumbuhan buruk sebanyak 1 bayi (6,7%) ,sedangkan bayi yang mengkonsumsi MPASI sebelum 6 bulan mengalami pertumbuhan baik sebanyak 6 bayi (40%), dan pertumbuhan buruk sebanyak 7 bayi (46,7%). Bayi yang mengkonsumsi MPASI sesudah 6 bulan mengalami perkembangan normal sebanyak 11 bayi(73,3%), pertumbuhan abnormal 1 bayi(6,7%),sedangkan bayi yang mengkonsumsi MPASI sebelum 6 bulan perkembangan normal sebanyak 8 bayi(53,3%), pertumbuhan abnormal 3 bayi(20%). Ada perbedaan tumbuh kembang bayi yang mendapatkan ASI Eksklusif dengan bayi yang mendapat MPASI sebelum berusia 6 bulan. Ibu-ibu diharapkan memberikan MPASI setelah 6 bulan.
Kata kunci: MPASI, Tumbuh kembang anak

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MPASI, TUMBUH KEMBANG ANAK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:21
Last Modified: 27 Dec 2021 03:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12047

Actions (login required)

View Item
View Item