HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG THOILET TRAINING DENGAN KESIAPAN ORANG TUA DALAM TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODLER DI PUSKESMAS GAMPING 1 SLEMAN YOGYAKARTA

DIAH RAGIL CAHYA RINI (2011) HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG THOILET TRAINING DENGAN KESIAPAN ORANG TUA DALAM TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODLER DI PUSKESMAS GAMPING 1 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)

Abstract

Toilet training merupakan salah satu tugas utama dalam tahap perkembangan anak usia toddler (12-36 bulan). Pengetahuan tentang toilet training sangatlah penting bagi orang tua, dimana dengan adanya pengetahuan dan pemahaman tentang toilet training maka orang tua akan mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan yang telah dimiliki oleh anaknya, baik kesiapan fisik maupun psikologis. Jenis penelitian ini adalah penelitian non-eksperimen, dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 34 responden yang diambil secara total sampling. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner. Uji statistic menggunakan Spearman rho dengan kemaknaan p<0,05. Dengan uji statistik Spearman rho didapatkan hasil asymp sig 0,001 < 0,05. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua dengan kesiapan orang tua Saran bagi ibu yang mempunyai anak usia 12-24 bulan yaitu ibu perlu mencari informasi tentang tumbuh kembang anak khususnya toilet training untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan bimbingan serta pengarahan yang benar kepada anak sehingga anak dapat melakukan toilet training sesuai dengan apa yang diharapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG TOILET TRAINING - TODDLER - KESIAPAN ORANG TUA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2022 02:37
Last Modified: 06 Jul 2022 02:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12204

Actions (login required)

View Item
View Item