PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

CITRA PARAMITA (2011) PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana sebuah Instansi yang memanfaatkan website sebagai sarana dan pendukung kegiatan promosi Universitas tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan metode deskripsif kualitatif sehingga penelitian akan menjelaskan, menggambarkan dan menguraikan segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, dengan objek penelitian pada Website Universitas Muhammadiyah Yogyakarta serta Biro Humas Protokol sebagai pengelola website. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan bagaimana pihak Universitas memanfaatkan media online berupa website untuk mempromosikan produk jasa yang dimiliki, 2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pengelolaan dan kegiatan promosi pada website. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, dan Studi Pustaka.

Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa penggunaan media online berupa website Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai sarana kegiatan promosi telah cukup baik pada pemanfaatan konten-kontennya sebagai penyedia informasi yang bernilai promosi. Begitu pula pada penyediaan fasilitas-fasilitasnya dengan didukung navigasi yang baik. Tetapi pemanfaatan tersebut tidak diimbangi dengan pengelolaan website yang baik serta kurang maksimalnya kualitas desain website. Hal tersebut dikarenakan terdapatnya kendala manajemen sumber daya manusia yang mengelola website masih sangat terbatas. Dengan begitu, gagasan dan inovasi yang seharusnya dapat dimanfaatkan, tidak bisa terealisasikan pada website UMY.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti memberikan saran untuk pihak Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu:1) Pengelola website sebaiknya dipilih berdasarkan kemampuan yang baik didalam operasional bidang website, 2) Konten Fakultas yang memiliki pengaruh besar sebagai konten yang paling banyak dikunjungi sebaiknya mendapatkan perhatian lebih, 3) CMS pada website UMY sebaiknya dapat diganti dengan CMS yang memiliki daya operasional yang telah banyak digunakan oleh website-website universitas lain, 4) Foto atau gambar yang dimuat sebaiknya memiliki nilai-nilai fotografi, 5) Kegiatan mempromosikan website, dapat dimaksimalkan dengan pemanfaatan link-link yang banyak dan beragam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: WEBSITE
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 08:01
Last Modified: 05 Jul 2022 08:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12350

Actions (login required)

View Item
View Item