HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG KANKER PAYUDARA DENGAN MOTIVASI UNTUK MELAKUKAN SADARI PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

MUHAMMAD IQBAL (2011) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG KANKER PAYUDARA DENGAN MOTIVASI UNTUK MELAKUKAN SADARI PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (56kB)

Abstract

Penyakit kanker merupakan masalah kesehatan utama yang terus meningkat baik di negara berkembang maupun di negara maju. Kanker payudara adalah salah satu kanker yang banyak menyerang wanita. Kanker payudara adalah penyakit neoplasma ganas yang berasal dari parenchyma dimana terdapat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh pada payudara. Salah satu upaya untuk pencegahan dini kanker payudara adalah dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang kanker payudara dengan motivasi untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Jenis penelitian ini non eksperimental dengan menggunakan desain penelitian studi korelasional dengan pendekatan cross sectional. Informasi dan data pada penelitian ini dikumpulkan melalui pemberian kuesioner pada mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Data yang diperoleh, kemudian dilakukan analisis menggunakan Kendall’s Tau.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswi memiliki pengetahuan yang cukup tentang kanker payudara yaitu 71.4%, sedangkan motivasi untuk melakukan SADARI menunjukkan bahwa mahasiswi memiliki motivasi dalam taraf sedang yaitu 59.3%. Nilai correlation (r)=0.369, hal ini menunjukkan bahwa keeratan antara pengetahuan responden tentang kanker payudara dengan motivasi untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dalam taraf sedang, sedangkan nilai P value=0.000, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan mahasiswi tentang kanker payudara dengan motivasi untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

Kata Kunci: Pengetahuan, Motivasi, Kanker Payudara, SADARI

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENGETAHUAN, MOTIVASI, KANKER PAYUDARA, SADARI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:45
Last Modified: 05 Jul 2022 07:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12357

Actions (login required)

View Item
View Item