PERAN DAN STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMK MUHAMMADIYAH I PATUK GUNUNGKIDUL

SUPATMIYATI (2011) PERAN DAN STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMK MUHAMMADIYAH I PATUK GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa, mendiskripsikan faktor pendukung peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa dan mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMK Muhammadiyah I Patuk Gunungkidul. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah I Patuk dengan metode subyek dan populasi penelitian untuk mengetahui populasi dan pengambilan sampel penelitian,teknik pengumpulan data dengan wawancara langsung,dan teknik analisis data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran dan strategi guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa SMK Muhammadiyah I Patuk adalah mengenali dan memahami emosi diri sendiri siswa melalui mengenal labih jauh karakteristik siswa, membimbing dan mengatasi problem dengan membimbing, mengendalikan emosi ketika sedang marah, sedih dan terlalu gembira, serta faktor pendukung dalam usaha guru meningkatkan kecerdasan emosional siswa adalah adanya kurikulum yang mendukung menumbuhkembangkan EQ, meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa atau peserta didik sejalan dengan program pendidikan karakter yang telah dicanangkan oleh pemerintah, keingintahuan Peserta didik, kegembiraan dan kematangan kepribadian siswa, keadaan lingkungan kelas yang religius.

Kata kunci: Peran, guru, kecerdasan emosional, siswa

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERAN, GURU, KECERDASAN EMOSIONAL, SISWA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:29
Last Modified: 05 Jul 2022 03:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12387

Actions (login required)

View Item
View Item