AKTIVITAS PROMOSI DESA WISATA CANDIREJO MAGELANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN ASING ASING PERIODE 2003-2011

FRISKA DIAN AGUSTINA (2012) AKTIVITAS PROMOSI DESA WISATA CANDIREJO MAGELANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN ASING ASING PERIODE 2003-2011. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)

Abstract

Dalam dunia kepariwisataan promosi banyak digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan produk-produk pariwisata baik berupa obyek wisata dan segala potensi wisata yang berada di suatu kawasan. Kabupaten Magelang merupakan kota yang memiliki banyak potensi wisata yang belum dikembangkan maksimal dan belum dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini menyebabkan Koperasi desa wisata Candirejo harus bekerja keras untuk mempromosikan dan mengangkat unsur budaya yang ada, sehingga masyarakat tahu dan tertarik untuk datang berkunjung ke desa wisata Candirejo. Salah satu obyek wisata yang unik di Kabupaten Magelang adalah desa wisata Candirejo, karena desa wisata merupakan wisata minat khusus dimana wisatawan dapat mempelajari berbagai hal yang telah menjadi budaya masyarakat sekitar desa wisata tersebut. Melihat bahwa promosi merupakan salah satu usaha yang perlu dikelola demi kemajuan perkembangan pariwisata, maka penulis melakukan penelitian ini dengan judul Aktivitas Promosi Desa Wisata Candirejo dalam Upaya Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Asing Periode 2003-2011. Promosi merupakan hal yang berperan penting dalam perkembangan suatu usaha. Untuk mendukung pelaksanaan promosi perlu dilakukan suatu komunikasi untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat. Promosi yang dilakukan melalui advertising (media internet : facebook, email, website), public relations (event pariwisata), sales support (brosur dan VCD), direct market (telepon, fax) dan word of mouth. Dari semua promosi yang dilakukan oleh Koperasi desa wisata Candirejo, cara yang paling efektif adalah menggunakan Word of Mouth (gethok tular atau informasi mulut ke mulut) untuk bisa mendapatkan “Marketing get Marketing”. Cara ini sangat berpengaruh pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan asing. Berdasarkan tabel (1.1), jumlah kunjungan wisatawan asing dari tahun 2003-2011 mengalami peningkatan, dimana jumlah kunjungan wisatawan asing tahun 2010 mencapai angka 1872 orang dan tahun 2011 mengalami peningkatan cukup pesat, mencapai angka 3036 orang. Dari peningkatan jumlah kunjungan wisatawan asing, dapat diambil kesimpulan bahwa promosi yang digunakan sudah efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:51
Last Modified: 05 Jul 2022 02:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12437

Actions (login required)

View Item
View Item