TITIK ADHIYANI (2012) KOMUNIKASI PERSUASIP KAUM HOMOSEKSUAL DALAM MENCARI PASANGAN LAKI-LAKI HITEROSEKSUAL DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (224kB)
Bab I.pdf
Download (138kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (141kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (23kB)
Abstract
Kaum homoseksual gay dalam mencari pasangannya tidak hanya dari kaum laki-laki homoseksual saja, melainkan juga sudah mulai mencari pasangan dari kalangan laki-laki heteroseksual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi persuasif yang dilakukan kaum homoseksual gay dalam mencari pasangan dari laki-laki heteroseksual. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta dengan menggunakan metode deskriptif yakni metode yang dipakai untuk menjelaskan dan menggambarkan fenomenafenomena yang terjadi. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek/informan merupakan kaum homoseksual gay, diambil dengan cara purposive sampling yang berjumlah 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kaum homoseksual gay menggunakan komunikasi persuasif dalam mencari pasangannya untuk mendapatkan perhatian, menumbuhkan minat dan membangkitkan hasrat laki-laki heteroseksual agar mau menjadi pasangannya. Dalam melakukan komunikasi persuasif, kaum homoseksual gay didukung oleh 3 komponen yang merupakan karakteristik seorang komunikator yaitu kredibilitas (credibility), daya tarik (attractiveness), dan kekuasaan (power). Faktor-faktor yang mempengaruhi laki-laki heteroseksual mau berubah sesuai keinginan komunikator dipengaruhi oleh faktor kejelasan tujuan, memikirkan komunikan/sasaran dengan cermat, dan memilih strategi yang tepat dengan. Teknik yang digunakan kaum homoseksual gay dalam komunikasi persuasif yaitu teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan, dan teknik red herring. Sedangkan media komunikasi yang digunakan yaitu verbal dan non verbal. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa komunikasi persuasif yang digunakan oleh kaum homoseksual gay dalam mencari pasangan laki-laki heteroseksual dilakukan dengan pendekatan dan metode yang hampir sama dengan teknik yang disesuaikan dengan target/sasaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 07:45 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 07:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12444 |