TRI ISMU HUSNAN PURNOMO (2012) PERSEPSI GURU TERHADAP KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA REVIEW MANAJERIAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (62kB)
Bab I.pdf
Download (61kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (50kB)
Abstract
Penelitian yang berjudul "Persepsi Guru untuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta"bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru untuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif explanatory, menggunakan teknik sampling. Teknik sampling yang digunakan Stratified Random Sampling dengan 50 responden dan pada akhirnya 35 responden,yangdipilih. Penelitian ini menghasilkan KTSP sekolah SMA Muhammdiyah 3 Yogyakarta dalam mengajar dan proses belajar telah sesuai dengan prinsip-prinsip KTSP (terdapat 7 prinsip Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), yaitu: pusat potensi, kebutuhan pembangunan, dan kepentingan mahasiswa, relevan dari ilmu pengetahuan dan teknologi, terkait kehidupan, menyeluruh dan kontinyu, kehidupan bersama belajar dan keseimbangan antara pentingnya peranan nasional dan regional. Penelitian ini juga menghasilkan, Persepsi Guru terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam review manajerial . Para guru SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam menerapkan KTSP untuk mengajar. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru untuk KTSP dengan sangat baik berdasarkan status kepegawaian, berdasarkan masa kerja, status berbasis guru PNS, guru yayasan, periode, dan tingkat persepsi pendidikan guru untuk KTSP predikat yang baik telah di atas 80%. Guru kualitas terbaik, KTSP ditandai cerdas dan profesional, sedangkan untuk guru malas, KTSP akan merasa terbebani . Pelaksanaan KTSP di sekolah, ditandai dengan kesungguhan dari pekerjaannya karena pelaksanaan KTSP sesuai dengan otonomi sekolah, guru diberikan kesempatan untuk bebas berinovasi dalam proses belajar mengajar.
Kata Kunci: persepsi guru, KTSP, proses mengajar dan belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI GURU, KTSP, PROSES MENGAJAR DAN BELAJAR. |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 02:38 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 02:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12453 |