KOMPETENSI KOMUNIKASI GURU TKIT NURUL ISLAM DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

WINDU MULATSIH (2012) KOMPETENSI KOMUNIKASI GURU TKIT NURUL ISLAM DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)

Abstract

Keahlian komunikasi yang dimiliki oleh guru TK akan menjadi salah satu penunjang dasar pengetahuan pada seorang anak dalam memandang dunia sekelilingnya. Bagaimana seorang guru TK dapat menanamkan nilai moral yang berlaku di masyarakat melalui keahlian dan kemampuan komunikasinya, tentu akan menjadi faktor yang penting dalam sebuah proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Kompetensi komunikasi guru TKIT Nurul Islam dalam proses belajar mengajar merupakan objek atau kasus yang diteliti dalam tulisan ini. Analisis data dilakukan dengan menunjukkan berbagai fakta di lapangan berdasarkan indikator-indikator kompetensi komunikasi yang ada dan dilihat selama penelitian berlangsung. Sedangkan uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi komunikasi yang dimiliki oleh keempat guru TKIT Nurul Islam yang diteliti tidak sama. Hal ini bisa dilihat berdasarkan indikator yang telah ditentukan sebelumnya. Indikator tersebut diantaranya meliputi knowledge, skill, dan motivation. Knowledge berkaitan dengan pengetahuan guru TK terhadap pesan atau materi yang akan disampaikan. Skill merupakan keterampilan atau kemampuan guru dalam menarik perhatian, mengatasi kecemasan, mengolah ekspresi dan mengelola percakapan dengan siswa. Sementara motivation adalah kemampuan guru TK dalam memberikan motivasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2022 08:04
Last Modified: 16 Feb 2022 08:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12500

Actions (login required)

View Item
View Item