STRATEGI KREATIF DESAIN KAOS DAGADU DALAM TEMA KEBERSIHAN

SUGI HASTONO (2012) STRATEGI KREATIF DESAIN KAOS DAGADU DALAM TEMA KEBERSIHAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi kreatif desain kaos Dagadu dalam mengemas pesan sosial bertema kebersihan. Penelitian ini dilakukan dikarenakan ketertarikan Dagadu Djokdja ingin melakukan inovasi terhadap strategi kretatif dalam desain grafisnya dan merupakan bentuk kepedulian Dagadu dalam mencintai jogjanya. Penelitian ini betujuan untuk (1) Mengetahui dan memaparkan dengan jelas bentuk strategi kreatif desain dalam mengemas pesan-pesan sosial bertema kebersihan dan (2) Mengetahui gambaran dan strategi kreatif desain dalam mengemas pesan-pesan sosial bertema kebersihan yang dilakukan oleh PT. Aseli Dagadu Djokdja. Teknik studi kasus kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan langkah-langkah analisa data sebagai berikut: (1) pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara dan dokumentasi (2) Reduksi data (3) penyajian data (4) kesimpulan. 3HPEXDWDQ ³ 6WUDWHJL NUHDWLI GHVDLQ GDODP PHQJHPDV SHVDQ-pesan sosial EHUWHPDNHEHUVLKDQ´LQLPHUXSDNDQVDODKVDWXODQJNDK\DQJGLDPELOROHK'DJDGX Djokdja dalam upaya melakukan inovasi terhadap strategi kreatif desainya sebagai sebuah strategi yang dilakukan dimana langkah tersebut merupakan upaya bentuk apresiasi tanggung jawab Dagadu Djokdja dalam mencintai jogjanya. Proses produksi kreatif yang dilakukan dalam mengemas pesan sosial yang ingin disampaikan melalui desain kaos tersebut yakni merencanakan atau mendesain bagaimana isi dan strategi penyampaian pesan yang akan disampaikan, bagaimana ilustrasi dan bentuk visual yang akan dibuat. Sehingga pemakai ataupun pembaca dapat dengan mudah menyimpulkan makan dari pesan sosial yang disampaikan dalam desain tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:55
Last Modified: 16 Feb 2022 07:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12508

Actions (login required)

View Item
View Item