RIKE MUSTAFIDAH (2013) STRATEGI PROMOSI YAYASAN TRI SEKAR LESTARI YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG MUSEUM BAHARI YOGYAKARTA 2009-2011. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (92kB)
Bab I.pdf
Download (100kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (240kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (35kB)
Abstract
Museum Bahari Yogyakarta adalah objek wisata edukasi sebagai satu-satunya museum kelautan yang berada di Yogyakarta. Museum Bahari Yogyakarta diresmikan pada tanggal 25 April 2009 dan didirikan oleh Yayasan Tri Sekar Lestari Yogyakarta. Jumlah pengunjung Museum Bahari Yogyakarta sudah memenuhi target, tetapi adapun perbandingan jumlah pengunjung Museum Bahari Yogyakarta yang belum sebanyak jumlah kunjungannya dengan objek wisata lainnya, apalagi jika dibandingkan dengan jumlah pengunjung di Museum Gunung Api Merapi Yogyakarta yang baru saja diresmikan 6 bulan setelah Museum Bahari Yogyakarta diresmikan. Untuk itu penulis tertarik meneliti strategi promosi yang digunakan dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung dengan menggunakan kerangka teori strategi promosi dan promosi dalam bidang pariwisata. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Lokasi penelitian yang beralamat di Jl. RE. Martadinata (Wirobrajan) No. 69 Yogyakarta. Informan yang diambil yaitu Maria Endang Wuryaningsih (Ketua Yayasan Tri Sekar Lestari Yogyakarta), Serma Sukro (Pengurus dan Pengelola Yayasan Tri Sekar Lestari Yogyakarta), dan pengunjung Museum Bahari Yogyakarta. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan proses reduksi data hasil wawancara, penyajian data dan analisis data, kesimpulan dan saran. Dan uji validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Dengan demikian penulis melakukan penelitian mengenai Strategi Promosi Yayasan Tri Sekar Lestari Yogyakarta dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Museum Bahari Yogyakarta. Dari hasil penelitian dapat diketahui strategi yang digunakan melalui perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Bauran promosi pariwisata yang digunakan yaitu advertising, sales support, public relations, dan personal selling
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PROMOSI, STUDI DESKREPTIF, PENINGKATAN PENGUNJUNG |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 04:06 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 04:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12539 |