Handhika Santoso (2020) Strategi Pemerintah Desa dalam merancang Identitas Visual dan Promosi Desa Wisata Batik. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (265kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Bab I.pdf
Download (328kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (319kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (696kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (768kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Desa jarum, Kecamatan Bayat, merupakan salah satu Desa Wisata yang berada di Kabupaten Klaten Jawa Tengah dengan memiliki potensi utama di bidang industri kerajinan Batik. Pentingnya suatu Identitas Visual dan Kegiatan Promosi di dalam Desa Wisata untuk mengenalkan Desa Wisata Jarum kepada masyarakat luas sehingga diperlukanya dua unsur penting yaitu Identitas Visual sebagai logo atau image khas Desa Wisata Jarum sehingga masyarakat yang melihat logo tersebut sudah mengenali bahwa logo tersebut logo dari Desa Wisata Jarum, Bayat, klaten. Yang selanjutnya promosi merupakan salah satu kegiatan untuk mempromosikan Desa Wisata Jarum dengan menggunakan media sebagai alat promosi yang bertujuan unutk memberikan informasi dan membujuk masyarakat atau calon wisatawan untuk datang berkunjung ke Desa Wisata Jarum.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Pemerintah Desa dalam merancang Identitas Visual dan Promosi Desa Wisata Batik Jarum, kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten Jawa tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subject penelitian adalah Kepala kelompok pengelolaan Desa Wisata Jarum, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data dan mengelola data.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pemerintah Desa dalam merancang Identitas Visual dan promosi Desa Wisata Batik Jarum sudah berjalan dengan baik walaupun dalam kegiatan promosi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa melalui media website masih kurang maksimal dikarenakanya Pemerintah Desa Jarum melihat Website masih kurang efektiv di bandingkan media sosial untuk mempromoiskan Desa Wisata Jarum. Diharapkan dari strategi Pemerintah Desa dalam merancang Identitas Visual dan Promosi di Desa Wisata Jarum dapat meningkatkan kesadaran masyarakat luas tentang adanya DesaWisata yang memiliki kualitas produk Batik yang berada di Desa Jarum, sehingga calon wisatawab yang berkunjung dapat mendongkrak prekonomian masyarakat yang ada di Desa Jarum.
Saran bawahwasanya Kedepanya Pemerintah Desa Jarum harus bisa mempertahankan potensi Wisata Budaya Batik yang dimiliki Desa Jarum untuk meningkatkan kepariwisataanya dengan melihat point penting yang harus Desa Wisata miliki seprti Identitas Visual dan Promosi Desa Wisata Batik Jaru.Desa Jarum harus sangat bisa memaksimalkan website untuk media promosi, karena website Desa jarum pun tidak berjalan hanya website-website resmi Kabupaten Klaten yang membantu Desa Jarum dalam mempromosikan potensi wisata yang mereka miliki.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:20 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 06:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1303 |