PENGARUH PEMBELIAN KAPSUL EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS) TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DUSUN BANARAN BANARAN GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA

ENI WINARSIH (2012) PENGARUH PEMBELIAN KAPSUL EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS) TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DUSUN BANARAN BANARAN GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Angka prevalensi kejadian hipertensi dari tahun ke tahun cenderung meningkat dan hipertensi merupakan salah satu penyakit yang cukup serius untuk segera ditangani karena tidak bisa diobati tetapi hanya bisa dikontrol tekanan darahnya dalam kondisi yang normal agar tidak terjadi komplikasi. Penatalaksanaan hipertensi dapat dilakukan dengan pendekatan farmakologi dan nonfarmakologi. Pendekatan nonfarmakologi salah satunya dengan menggunakan herbal tanaman seledri yang sudah dibuat ekstrak kapsul. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian kapsul ekstrak seledri terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi. Desain penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian eksperimen semu dengan pretes post test with control. Responden pada penelitian ini adalah seseorang yang memenuhi kriteria inklusif dan eksklusi. Kriteria inklusifnya adalah menderita hipertensi ringan sampai sedang, penduduk dusun Banaran, bersedia menjadi responden penelitian dan berusia antara 20-60 tahun. Kriteria eksklusinya adalah responden dengan komplikasi hipertensi, tidak kooperatif selama penelitian dan dalam perawatan khusus. Pelaksanaan penelitian dengan cara melakukan pengukuran tekanan darah sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok kontrol maupun eksperimen selama 7 hari berturut-turut. Hasil statistik penelitian diperoleh nilai signifikansi tekanan sistolik dan diastolik kelompok eksperimen 0,000 (0,000<0,05) sedangkan kontrol tidak mengalami penurunan secara bermakna. Kesimpulan yang dapat diambil dari data statistik di atas adalah bahwa terdapat pengaruh pemberian kapsul ekstrak seledri terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi di dusun Banaran.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2022 01:31
Last Modified: 01 Jul 2022 01:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13040

Actions (login required)

View Item
View Item