Alfira Zia Ainun Nisa (2020) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM BIMBINGAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi komunikasi yang digunakan guru di sekolah inklusi SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta dalam proses belajar mengajar dikelas VIII. Strategi dalam komunikasi sangatlah penting dalam penyampaian materi di kelas, hal ini dikarenakan semakin tepatnya strategi yang dipilih maka akan semakin mudah membuat siswa memahami materi yang disampaikan. lingkungan belajar di sekolah biasanya siswa yang mempunyai kemampuan yang sama akan ditempatkan disatu kelas yang sama. Ini semua dilakukan agar guru dan siswa dapat lebih mudah dalam menyampaikan materi dan penerimaan materi. Namun bagaimana jika didalam kelas terdapat siswa yang berkebutuhan khusus, strategi komunikasi seperti apa yang akan digunakan guru agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan utama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif Metode analisa data yaitu deskriptif analisis. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah setiap guru mempunyai strategi komunikasi yang sama yaitu menggunakan metode repetition atau pengulanga. Langkah dalam menyusun strategi yaitu dengan melakukan pendekatan pada siswa agar lebih mengenal dan mengetahui latar belakang siswa, selanjutnya di persiapkan materi yang disesuaikan dengan kondisi siswa dengan metode penyampaian direct instructions atau indirect.
Dosen Pembimbing: | Dr. Siti Bahiroh, M.Si | NIDN0506096401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:19 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |