STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM BIMBINGAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA

Alfira Zia Ainun Nisa (2020) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM BIMBINGAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi komunikasi yang digunakan guru di sekolah inklusi SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta dalam proses belajar mengajar dikelas VIII. Strategi dalam komunikasi sangatlah penting dalam penyampaian materi di kelas, hal ini dikarenakan semakin tepatnya strategi yang dipilih maka akan semakin mudah membuat siswa memahami materi yang disampaikan. lingkungan belajar di sekolah biasanya siswa yang mempunyai kemampuan yang sama akan ditempatkan disatu kelas yang sama. Ini semua dilakukan agar guru dan siswa dapat lebih mudah dalam menyampaikan materi dan penerimaan materi. Namun bagaimana jika didalam kelas terdapat siswa yang berkebutuhan khusus, strategi komunikasi seperti apa yang akan digunakan guru agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan utama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif Metode analisa data yaitu deskriptif analisis. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah setiap guru mempunyai strategi komunikasi yang sama yaitu menggunakan metode repetition atau pengulanga. Langkah dalam menyusun strategi yaitu dengan melakukan pendekatan pada siswa agar lebih mengenal dan mengetahui latar belakang siswa, selanjutnya di persiapkan materi yang disesuaikan dengan kondisi siswa dengan metode penyampaian direct instructions atau indirect.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:19
Last Modified: 29 Oct 2021 02:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item
View Item