Alfan Al Ghifari Sudarmanto (2020) Efektifitas Penggunaan Aplikasi Kahoot! Pada Perkuliahan Tunggal Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PSK FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (128kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab I.pdf
Download (272kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (127kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (366kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Efektifitas Penggunaan Aplikasi Kahoot! Pada Perkuliahan Tunggal Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PSK FKIK UMY
Latar Belakang : Implementasi teknologi perkuliahan di pendidikan dokter untuk menambah motivasi belajar semakin meningkat. Salah satu teknologi tersebut adalah aplikasi kuis Kahoot!.
Tujuan : Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar mahasiswa PSK FKIK UMY setelah penerapan aplikasi kuis Kahoot!.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental pre-post test tanpa kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Metode analisa data adalah 2 related sample test dilanjutkan dengan one-way ANOVA untuk mengidentifikasi pengaruh masa belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa.
Hasil : Hasil uji 2 related sample test menunjukkan terdapat penurunan sebanyak 3,33 poin pada angkatan 2015, peningkatan sebanyak 9,97 poin pada angkatan 2016 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000 (P>0,005), peningkatan sebanyak 11,77 poin pada angkatan 2017 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000 (P>0,005), peningkatan sebanyak 3,87 poin pada angkatan 2018 dengan signifikansi (p) sebesar 0,027 (P>0,005). Hasil uji one-way ANOVA menunjukkan nilai p=0,000 (P<0,05).
Kesimpulan : Terdapat peningkatan motivasi belajar secara signifikan pada 3 angkatan mahasiswa dan terdapat penurunan motivasi belajar yang tidak signifikan pada 1 angkatan mahasiswa program studi kedokteran FKIK UMY setelah penerapan kuis Kahoot!. Terdapat pengaruh masa belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi kedokteran FKIK UMY.
Kata kunci : Kahoot!, Motivasi Belajar, Mahasiswa Kedokteran, Perkuliahan, Masa Belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:47 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/132 |