Alfan Al Ghifari Sudarmanto (2020) Efektifitas Penggunaan Aplikasi Kahoot! Pada Perkuliahan Tunggal Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PSK FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Efektifitas Penggunaan Aplikasi Kahoot! Pada Perkuliahan Tunggal Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PSK FKIK UMY
Latar Belakang : Implementasi teknologi perkuliahan di pendidikan dokter untuk menambah motivasi belajar semakin meningkat. Salah satu teknologi tersebut adalah aplikasi kuis Kahoot!.
Tujuan : Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar mahasiswa PSK FKIK UMY setelah penerapan aplikasi kuis Kahoot!.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental pre-post test tanpa kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Metode analisa data adalah 2 related sample test dilanjutkan dengan one-way ANOVA untuk mengidentifikasi pengaruh masa belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa.
Hasil : Hasil uji 2 related sample test menunjukkan terdapat penurunan sebanyak 3,33 poin pada angkatan 2015, peningkatan sebanyak 9,97 poin pada angkatan 2016 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000 (P>0,005), peningkatan sebanyak 11,77 poin pada angkatan 2017 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000 (P>0,005), peningkatan sebanyak 3,87 poin pada angkatan 2018 dengan signifikansi (p) sebesar 0,027 (P>0,005). Hasil uji one-way ANOVA menunjukkan nilai p=0,000 (P<0,05).
Kesimpulan : Terdapat peningkatan motivasi belajar secara signifikan pada 3 angkatan mahasiswa dan terdapat penurunan motivasi belajar yang tidak signifikan pada 1 angkatan mahasiswa program studi kedokteran FKIK UMY setelah penerapan kuis Kahoot!. Terdapat pengaruh masa belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi kedokteran FKIK UMY.
Kata kunci : Kahoot!, Motivasi Belajar, Mahasiswa Kedokteran, Perkuliahan, Masa Belajar.
Dosen Pembimbing: | dr. GALUH SURYANDARI, M.Med. Ed | NIDN0503068301 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:47 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |