Alfan Al Ghifari Sudarmanto (2020) Efektifitas Penggunaan Aplikasi Kahoot! Pada Perkuliahan Tunggal Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PSK FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Efektifitas Penggunaan Aplikasi Kahoot! Pada Perkuliahan Tunggal Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PSK FKIK UMY

Latar Belakang : Implementasi teknologi perkuliahan di pendidikan dokter untuk menambah motivasi belajar semakin meningkat. Salah satu teknologi tersebut adalah aplikasi kuis Kahoot!.
Tujuan : Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar mahasiswa PSK FKIK UMY setelah penerapan aplikasi kuis Kahoot!.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental pre-post test tanpa kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Metode analisa data adalah 2 related sample test dilanjutkan dengan one-way ANOVA untuk mengidentifikasi pengaruh masa belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa.
Hasil : Hasil uji 2 related sample test menunjukkan terdapat penurunan sebanyak 3,33 poin pada angkatan 2015, peningkatan sebanyak 9,97 poin pada angkatan 2016 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000 (P>0,005), peningkatan sebanyak 11,77 poin pada angkatan 2017 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000 (P>0,005), peningkatan sebanyak 3,87 poin pada angkatan 2018 dengan signifikansi (p) sebesar 0,027 (P>0,005). Hasil uji one-way ANOVA menunjukkan nilai p=0,000 (P<0,05).
Kesimpulan : Terdapat peningkatan motivasi belajar secara signifikan pada 3 angkatan mahasiswa dan terdapat penurunan motivasi belajar yang tidak signifikan pada 1 angkatan mahasiswa program studi kedokteran FKIK UMY setelah penerapan kuis Kahoot!. Terdapat pengaruh masa belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi kedokteran FKIK UMY.
Kata kunci : Kahoot!, Motivasi Belajar, Mahasiswa Kedokteran, Perkuliahan, Masa Belajar.

Dosen Pembimbing: dr. GALUH SURYANDARI, M.Med. Ed | NIDN0503068301
Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:47
Last Modified: 21 Oct 2021 01:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item