PENGARUH PEMBERIAN PAKET EDUKASI TENTAMNG MANAJEMEN LAKTASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU MENYUSUI DI PUSKESMAS MERGANGSAN YOGYAKARTA

DEWI SULISTIAWATI (2012) PENGARUH PEMBERIAN PAKET EDUKASI TENTAMNG MANAJEMEN LAKTASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU MENYUSUI DI PUSKESMAS MERGANGSAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Di Indonesia angka kematian bayi masih tinggi. Hasil Survei Demografi dan Keseltatan Indonesia (SDKI) taltun 2007 melaporkan bahwa Anglca Kematian Bayi (AKB) di Indonsia adalah 34 per 1.000 kelahiran hidup. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetalwan ibu tentang pentingnya ASI sebagai malcanan bayi yang peling sempuma pada awal kelildupeut Sikap ibu dalam menyusui sendin dianggap sebagai cara tradisional sehingga sedikit demi sedikit ditinggalkan. Pemberian paket edukasi tentang manajemen lalctasi mampu menyeselaikan masalah dalam peinterian ASI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penganth pemberian paket edukasi tentang manajemen laktasi dengan tingkat pengetaltuan dan sikap ibu menyusui. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasv Eksperimental dengan rancangan pre-post test wffit control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan Consecutive Sampl ing dengan 30 orang responden. Analisa data yang digunakan adalah uji dcaton dankfann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan pada kelompok eksperimen dengan nilai p=0,002, sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada tidak ada peningkatan pengetahuan dengan nilai p=0,564. Terdapat perbedaan yang signifikan posnest pengetahuan pada kelompok elcsperimen dan kelompok kontrol dengan nilai p=0,00. Hasil penelitian mentmjukkan peningkatan sikap pada kelompok eksperimen dengan nilai p=0,002, sedangkan pada kelompok kontrol lidak ada peningkatan sikap dengan nilai p= 0,317. Terdapat perbedaan yang signifikan post-test sikap pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai r0,001. Kesitnpulan pada penelitian ini terdapat pengarult yang thgniftkan antara pemberian paket edukasi tentang manajemen laktasi terhadap tingkat pengetahuan dan sikap ibu menyusui di Puskesmas Magangsan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Education Package, Management Lactation, Knowledge and Attitudes
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:42
Last Modified: 15 Jan 2024 03:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13275

Actions (login required)

View Item
View Item