PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA OLEH PEER EDUCATOR TERHADAP PENGETAHUAN SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

DAILANI (2013) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA OLEH PEER EDUCATOR TERHADAP PENGETAHUAN SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Pengetahuan kesehatan reproduksi remaja sangat penting guna mencegah terjadinya penyimpangan perilaku seksual pada remaja. Pendidikan kesehatan reproduksi sangat penting bagi remaja guna mendapatkan informasi yang benar dari sumber yang terpercaya. Pengetahuan reproduksi pada remaja sangat efektif dalam mempengaruhi dan dipengaruhi oleh teman sebaya. Pendidikan kesehatan reproduksi remaja oleh peer educator (pendidik sebaya) diyakini memiliki nilai efektifitas yang tinggi karena mereka menggunakan bahasa yang kurang lebih sama sehingga informasi mudah dipahami oleh teman sebayanya. Oleh sebab itu, pendidik sebaya (peer educator) memiliki peran sentral dalam pemberian penyuluhan tentang kesehatan reproduksi bagi remaja. Tujuan: Diketahuinya pengaruh pendidikan kesehatan reproduksi remaja oleh peer educator terhadap pengetahuan siswa kelas Xl SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode: Desain penelitian ini adalah one group pre-test and po.st-test design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan berjumlah sebanyak 41 sampel. Analisis data meliputi analisis univariat dengan menggunakan uji deskriptif frekuentif dan analisis bivariate dengan menggunakan paired t-test. Hasil Penelitian: mayoritas siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebelum pemberian penyuluhan tentang kesehatan reproduksi remaja memiliki tingkat pengetahuan yang kurang sebanyak 33 orang (80,5%) dan sesudah pemberian penyuluhan mayoritas memiliki tingkat pengetahuan yang cukup sebanyak 26 orang (63,4%). Hasil uji paired t-test menunjukkan nilai t hitung sebesar -7,296 dengan signifikansi 0,000 (sig < 0,05). Artinya ada perbedaan signifikan tingkat pengetahuan siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tentang kesehatan reproduksi remaja sebelum dan sesudah pemberian Yogyakarta tentang kesehatan reproduksi remaja sebelum dan sesudah pembenan penyuluhan. Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan reproduksi remaja oleh peer educaior terhadap pengetahuan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: adolescent reproductive health education, peer educators
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 May 2022 02:18
Last Modified: 11 Jan 2024 01:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13425

Actions (login required)

View Item
View Item