PENGARUH MOTIVASI DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KETEKUNAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

MUFLIH NAJIB (2013) PENGARUH MOTIVASI DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KETEKUNAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi, minat belajar serta ketekunan belajar Mahasiswa PAI 2010-2012 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian ini bersifat diskriptif kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah Angket, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan análisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tingkat motivasi mahasiswa PAI 2010-2012 sangat tinggi. Hal ini tergambar bahwa banyak mahasiswa yang memiliki motivasi yang tinggi, yaitu 89,33% dari jumlah mereka. Kemudian tingkat minat belajar Mahasiswa juga berada pada tingkat yang tinggi, yaitu 77,33% dari mereka yang memiiki minat belajar yang tinggi. Selain itu untuk tingkat ketekunan belajar mahasiswa juga berada pada tingkat yang tinggi dengan 76% dari jumlah keseluruhan mahasiswa PAI 2010-2012 yang menjadi responden, memiliki ketekunan belajar yang tinggi. Penelitian ini juga menghasilkan gambaran pengaruh yang terjadi antara motivasi dan minat belajar terhadap ketekunan belajar Mahasiswa. Dari hasil analisis ini dihasilkan F hitung 64,202 dan nilai signifikasi 0,000. Sedangkan untuk F tabel adalah 3,32 dan nilai kritis signifikasi 0,05. Dengan demikian nilai F hitung > F Tabel, yaitu 64,202 > 3,32, dan 0,000 < 0,05. Maka ada pengaruh yang sangat signifikan antara motivasi dan minat belajar terhadap ketekunan belajar Mahasiswa PAI 2010-2012 FAI UMY. Pengaruh dari motivasi dan minat belajar ini berkontribusi sebesar 46,6%, dengan demikian 53,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor yang lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:31
Last Modified: 30 Jun 2022 01:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13603

Actions (login required)

View Item
View Item