PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS II MELALUI QUANTUM LEARNING DI SD N WONOSARI IV GUNUNGKIDUL

UMI SETIYAWATI (2013) PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS II MELALUI QUANTUM LEARNING DI SD N WONOSARI IV GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk upaya dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas II dalam pelajaran PAI melalui quantum learning di SD N Wonosari IV Gunungkidul; Mengetahui hasil yang dicapai berkenaan dengan upaya meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas II dalam pelajaran PAI melalui quantum learning di SD N Wonosari IV Gunungkidul; Mengetahui faktor pendukung dan penghambat siswa maupun guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas II dalam pelajaran PAI melalui quantum learning di SD N Wonosari IV Gunungkidul.

Metodologi penelitian ini adalah jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penilitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas II SD N Wonosari IV Gunungkidul. Prosedur pengumpulan data meliputi: tahap persiapan, tahap pengumpulan data dengan metode interview, metode observasi, metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif

Penelitian ini menyimpulkan sebagai berikut: Kesimpulan yang pertama bahwa dalam pelaksanaan penerapan metode quantum learning dalam pelajaran PAI kelas II untuk meningkatkan konsentrasi belajar di SDN Wonosari IV pada garis besarnya telah mengupayakan beberapa cara diantaranya adalah guru telah berupaya maksimal dalam proses pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Yang ke dua, siswa akan mengikuti pelajaran dengan antusias sehingga jika ia belum paham maka akan bertanya pada guru, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yang meliputi nilai akademik, nilai kepribadian, serta keterampilan belajar. Yang ke tiga, orangtua memberikan dorongan dan motivasi belajar anak, orangtua turut serta memantau perkembangan anak. Yang ke empat, faktor pendukungnya adalah tenaga pengajar yang sudah memadai. Sedangkan faktor yang menghambat adalah latar belakang siswa yang berbeda-beda. Kemudian yang terakhir adalah hasil yang dicapai dalam penerapan metode quantum learning dalam pelajaran PAI kelas II di SDN Wonosari IV yaitu siswa mengalami peningkatan konsentrasi belajar yang dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa,

Kata kunci : konsentrasi belajar siswa, quantum learning.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KONSENTRASI BELAJAR SISWA, QUANTUM LEARNING
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2022 07:36
Last Modified: 25 Jun 2022 07:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13657

Actions (login required)

View Item
View Item