IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN IBADAH KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI GUNUNGKIDUL

PURNA SRIWIDARTI (2013) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN IBADAH KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (745kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran Ibadah melalui implementasi pembelajaran konstruktivisme pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subyek penelitian kelas X MM 2 SMK Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan antara lain analisis data kualitatif yakni reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data, serta analisis data kuantitatif yakni penilaian pemahaman pelajaran Ibadah melalui implementasi pembelajaran konstruktivisme. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman mata pelajaran Ibadah dalam materi melaksanakan shalat Jum,at dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi yang diperoleh dari indikator bertanya pada guru atau teman jika ada materi yang belum paham, menjawab atau menaggapi pertanyaan, melaksanakn tugas kelompok, mencatat materi dan hasil diskusi mengerjakan tugas individu, berani mengeluarkan pendapat menunjukkan aktivitas belajar siswa dikarenakan lebih paham setelah diterapkannya pembelajaran konstruktivisme, rata-rata presentase aktivitasnya 51,14% pada siklus I, dan76,43% pada siklus II. Peningkatan pemahaman belajar Ibadah ini terlihat jelas pada hasil post test, nilai rata-rata kelas 67,96 dan daya serap siswa 55,56% pada psiklus I, dan nilai rata-rata kelas 76,55 dan daya serap siswa 82,76%.

Kata kunci : Pembelajaran; Pemahaman; Ibadah; Konstruktivisme

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN; PEMAHAMAN; IBADAH; KONSTRUKTIVISME
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2022 07:03
Last Modified: 25 Jun 2022 07:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13700

Actions (login required)

View Item
View Item