ANGGI DWI LESTARI (2013) PEMBINAAN SIKAP KEBERAGAMAAN MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER TPA BAGI SISWA KELAS X MM2 SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (562kB)
Bab I.pdf
Download (105kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (19kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) siswa kelas X MM2 SMK Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul. Selain itu skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peranan ekstrakurikuler TPA dalam membina keberagamaan siswa kelas X MM2 SMK Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X MM2 SMK Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan rumus statistik P=F/N x 100 %. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan ekstrakurikuler TPA di kelas X MM2 SMK Muhammadiyah Wonosari sudah berjalan dengan baik, guru melaksanakan proses pengajaran sesuai dengan komponen-komponen dalam pengajaran, diantaranya perencanaan meliputi visi, misi, dan tujuan, peserta didik, tenaga pengajar, materi, metode, dan media serta evaluasi pengajaran. (2) Ekstrakurikuler TPA memiliki peranan yang amat penting dalam pembinaan keberagamaan siswa serta dapat menjadi media pendukung dalam pelajaran agama Islam.
Key-words: pembinaan, sikap keberagamaan, program ekstrakurikuler
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBINAAN, SIKAP KEBERAGAMAAN, PROGRAM EKSTRAKURIKULER |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 06:38 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 06:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13723 |