PERAN FORUM SILATURAHMI DAN KOORDINASI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR'AN (FOSKA) TERHADAP EKSISTENSI TPA SE KECAMATAN SEMIN-NGAWEN GUNUNGKIDUL

ARI FITRA SALIM (2013) PERAN FORUM SILATURAHMI DAN KOORDINASI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR'AN (FOSKA) TERHADAP EKSISTENSI TPA SE KECAMATAN SEMIN-NGAWEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peran Lembaga Forum Silaturahmi dan Koordinasi TPA (FOSKA) terhadap eksistensi TPA yang ada di Kecamatan Semin dan Kecamatan Ngawen. Subyek penelitian adalah Forum Silaturahmi dan Koordinasi TPA (FOSKA). Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif yang bersifat field research (penelitian lapangan) sehingga akan mendeskripsikan mengenai peran Lembaga Forum Silaturahmi dan Koordinasi TPA (FOSKA) terhadap eksistensi TPA di Kecamatan Semin dan Ngawen. Dari penelitian ini, dapat di ketahui bahwa sudah cukup banyak TPA di Kecamatan Semin dan Ngawen, karena hampir di setiap masjid yang tersebar di Kecamatan Semin dan Ngawen ada lembaga TPA, namun pelaksanaannya belum maksimal karena TPA yang ada hanya sekedar dilaksanakan seadanya tanpa pengelolaan dan tujuan yang jelas. Hal tersebut terjadi karena keterbatasan kemampuan sumber daya pengelolanya dan kurangnya perhatian terhadap keberadaan TPA dari masyarakat dan tokoh di sekitar lembaga TPA yang ada. Keberadaan FOSKA dalam membantu mempertahankan TPA di Kecamatan Semin dan Ngawen sangat besar peranannya dan sangat bermanfaat. Terutama dalam rangka peningkatan kualitas ustadz/uztadzah dalam mengajar TPA dan pemahaman baca tulis Al-Qur’an, peningkatan standar pengelolaan TPA di masing-masing lembaga TPA, dan mempertahankan konsistensi ustadz/ustadzah dalam mengelola TPA yang diampu di setiap masjid di Kecamatan Semin dan Ngawen. Karena FOSKA selalu mengadakan koordinasi memonitoring keberadaan TPA di Kecamatan Semin dan Ngawen melalui koordinasi-koordinasi dan pertemuan yang dilakukan sehingga apabila terjadi penurunan kegiatan TPA di suatu lembaga langsung dapat ditangani dan dicarikan solusi sehingga eksistensi TPA di Kecamatan Semin dan Ngawen semakin maju dan berkembang mampu bertahan di tengah kemodernan jaman.

Kata kunci: Forum Silaturahmi dan Koordinasi TPA (FOSKA), eksistensi, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: FORUM SILATURAHMI DAN KOORDINASI TPA (FOSKA), EKSISTENSI, TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPA)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2022 06:30
Last Modified: 25 Jun 2022 06:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item
View Item