PENGARUH PERENDAMAN LARUTAN JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA SWINGLE) TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN RESIN KOMPOSIT HYBRID

DHIO EKA SATRIYA (2013) PENGARUH PERENDAMAN LARUTAN JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA SWINGLE) TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN RESIN KOMPOSIT HYBRID. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)

Abstract

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia Swingle) sering diolah menjadi minuman segar. Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat dengan pH 2,0. Asam dapat menyebabkan degradasi pada bahan resin komposit, proses degradasi inilah yang mempengaruhi kekasaran permukaan resin komposit, kekasaran permukaan resin komposit berhubungan dengan retensi plak yang dapat menyebabkan terbentuknya karies gigi dan inflamasi gingiva.

Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratoris. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah resin komposit hybrid Z250 (3M ESPE FiltekTM, USA) yang direndam dalam larutan jeruk nipis dan dalam saliva buatan (sebagai kontrol) selama 14 hari lalu disimpan dalam inkubator dengan suhu 37o C. Alat yang digunakan untuk mengukur kekasaran permukaan resin komposit adalah Surface roughness tester (surfcom 120A). Kekasaran resin komposit hybrid dinyatakan dalam Ra (Roughness average) dengan satuan µm.

Data dianalisis dengan uji wilcoxon, dan didapatkan hasil pada perendaman saliva buatan (kontrol) nilai p=0,570 (p>0,05) yang artinya tidak terdapat pengaruh perendaman dalam saliva buatan terhadap kekasaran permukaan resin komposit hybrid. Pada perendaman jeruk nipis nilai p=0,005, dimana (p< 0,05), artinya terdapat pengaruh perendaman larutan jeruk nipis terhadap kekasaran permukaan resin komposit hybrid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh perendaman larutan jeruk nipis terhadap kekasaran permukaan resin komposit hybrid.

Kata kunci : larutan jeruk nipis, resin komposit hybrid, kekasaran permukaan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LARUTAN JERUK NIPIS, RESIN KOMPOSIT HYBRID, KEKASARAN PERMUKAAN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:53
Last Modified: 25 Jun 2022 05:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13753

Actions (login required)

View Item
View Item