HUBUNGAN KADAR THYROID STIMULATING HORMONE (TSH) DARAH DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA BAWAH 2 TAHUN DI DAERAH ENDEMIK GAKY

ARBY SHAFARA SEKUNDAPUTRA (2013) HUBUNGAN KADAR THYROID STIMULATING HORMONE (TSH) DARAH DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA BAWAH 2 TAHUN DI DAERAH ENDEMIK GAKY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)

Abstract

Salah satu masalah kesehatan di Indonesia yang mengganggu tumbuh kembang anak adalah Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY). Pemerintah telah melakukan berbagai upaya penanggulangan GAKY seperti pemberian garam beryodium dan pemasyarakatan garam beryodium. Dalam upaya membantu penanggulangan masalah GAKY dapat dilakukan dengan skrining dini, salah satunya adalah pemeriksaan Thyroid Stimulating Hormone (TSH) darah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kadar TSH darah dengan perkembangan motorik bayi usia bawah 2 tahun. Penelitian ini adalah studi observsional dengan rancangan cross-sectional. Subyek penelitian ini adalah 35 bayi usia bawah 2 tahun yang di ambil secara acak di 4 dusun, Desa Tegalrandu, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Pengukuran kadar TSH darah menggunakan metode ELISA Blood Spot. Pengukuran perkembangan motorik dilakukan dengan menggunakan tes Denver II. Analisa data menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil pengukuran nilai rerata kadar Thyroid Stymulating Hormone (TSH) darah bayi usia bawah 2 tahun di Desa Tegalrandu adalah 7,15 ± 1,45 µIU/L (optimal: 0,7-34 µIU/L). Uji korelasi Pearson untuk hubungan TSH darah dengan perkembangan motorik kasar p = 0,021 dan nilai r = -0,389, hubugan TSH darah dengan perkembangan motorik halus p = 0,891 r = - 0,024, Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat korelasi yang bermakna antara kadar TSH darah dengan perkembangan motorik kasar namun tidak terdapat korelasi yang bermakna antara kadar TSH darah dengan perkembangan motorik halus.
Kata Kunci : GAKY, Thyroid Stimulating Hormone, perkembangan motorik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GAKY, THYROID STIMULATING HORMONE, PERKEMBANGAN MOTORIK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 09:32
Last Modified: 24 Jun 2022 09:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13822

Actions (login required)

View Item
View Item