MARTIWI RINI I (2013) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL QUR'AN BAGI SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH NGAWEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (273kB)
Bab I.pdf
Download (87kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Abstract
Kurangnya kemampuan siswa yang dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar merupakan sebuah permasalahan yang harus segera diatasi. Permasalahan ini dibuktikan dengan kurang dari 50% siswa yang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dari keseluruhan jumlah siswa di lokasi penelitian. Masalah ini dapat diatasi dengan penerapan metode yang sesuai dengan kondisi lokasi penelitian. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, maksudnya dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Ngawen Gunungkidul. Subyek penelitan ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI di SMK muhammadiyah Ngawen yang berjumlah 3 orang tetapi peneliti hanya meneliti 2 orang Guru Agama Islam dikarenakan 1 orang Guru lainnya tidak mengampu pelajaran Al-Qur’an dan Hadist, dan beberapa siswa. Data yang dihasilkan pada Penelitian ini adalah data kualitatif. Data yang diperoleh terlebih dahulu dikelompokkan berdasarkan kualitas dan kategorinya kemudian dianalisis dan diinterpretasikan dengan menggunakan pola berfikir induktif dan disusun secara sistematis dalam bentuk deskriptif analitik. Kesimpulan yang ditarik dari hasil penelitian adalah: Strategi Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an bagi siswa di SMK Muhammadiyah Ngawen: Memilih metode pembelajaran secara tepat, penggunaan media yang bervariasi, berusaha dengan lebih telaten dalam memahamkan siswa agar bisa diminimalkan dan selalu berusaha menjelaskan kembali siswa yang kesulitan membaca Al-Qur’an, seringnya guru memberikan tugas kokurikuler (PR), memberikan peringatan kepada siswa, serta selalu memberikan motivasi bagi siswa yang mengalami kesulitan.
Kata kunci: kesulitan membaca Al-Qur’an, strategi guru
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KESULITAN MEMBACA AL-QUR'AN, STRATEGI GURU |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 08:05 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 08:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13823 |