ADAM ALQUSTAR (2013) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN EKONOMI ORANG TUA DENGAN STATUS GIZI BALITA DI PUSKESMAS KRATON. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (165kB)
Bab I.pdf
Download (47kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (59kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (46kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (26kB)
Abstract
Status gizi merupakan gambaran kesehatan secara umum seorang balita. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perubahan gizi seorang balita. Tingkat pendidikan orang tua diduga dapat mempengaruhi perkembangan status gizi seorang balita. Begitu juga dengan tingkat ekonomi orang tua, diduga dapat mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung tingkat status gizi balita. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan ekonomi orang tua dengan status gizi balita. Penelitian menggunakan metode observational analytic-cross sectional. Populasi yang digunakan adalah balita yang ada di puskesmas Kraton, Yogyakarta. Sampel yang diambil berjumlah 53 orang dengan perhitungan rumus untuk uji korelasi. Hasil penelitian pada uji korelasi hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan status gizi balita p=0,044 yang berarti bahwa hubungan antara status gizi dan pendidikan orang tua bermakna (p0,05). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan status gizi balita, dan tidak terdapat hubungan antara tingkat ekonomi orang tua dengan status gizi balita.
Kata kunci: tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, status gizi balita
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TINGKAT PENDIDIKAN, TINGKAT EKONOMI, STATUS GIZI BALITA |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 07:59 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 07:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13842 |